PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA MAKANAN SEHAT KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Ayu Lestari, Rofika (2023) PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA MAKANAN SEHAT KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq.

[img] Text
Rofika Ayu Lestari_T20184080.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Media pop-up book, Pembejaran tematik.
Pembelajaran tematik lebih menekankan keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya. Maka dibutuhkan media yang tepat untuk merangsang peserta didik agar menjadi aktif dalam belajar.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan media pop-up book pada pembelajaran tematik tema makanan sehat kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana pemakaian media pop-up book pada pembelajaran tematik tema makanan sehat kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022/2023? 3) Bagaimana efektivitas media pop-up book pada pembelajaran tematik tema makanan sehat kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan media pop-up book pada pembelajaran tematik tema makanan sehat kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022/2023. 2) Untuk mengetahui pemakaian media pop-up book pada pembelajaran tematik tema makanan sehat kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022-/2023. 3) Untuk mengetahui efektivitas media pop-up book pada pembelajaran tematik tema makanan sehat kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022/2023.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research (penelitian lapangan). Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan anlisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana. yang terdiri dari data condensation, data display, dan conclusion drawing/verification. Kemudian keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perencanaan media pop-up book pada pembelajaran tematik tema makanan sehat meliputi: a) Merancang atau menganalisis KI KD. b) Melakukan pemetaan materi. c) Menyiapkan bahan-bahan untuk penggunaan media pop-up book. d) Membuat media yang akan digunakan. 2) Pemakaian media pop-up book pada pembelajaran tematik tema makanan sehat meliputi: Terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Cara menggunakan media pop-up book yaitu dengan membuka buku dalam setiap halaman yang berisi: slide pertama berupa indikator dan pemetaan, slide ke-2 berisi gambar dan seputar tanya jawab, slide ke-3 tentang gambar dan penjelasan materi, slide ke-4 berisi gambar susunan rangkain materi, slide ke-5 berisi gambar materi dan lirik lagu materi. 3) Efektifitas media pop-up book pada pembelajaran tematik tema makanan sehat meliputi: a) Membuat skala likert atau angket untuk menentukan keefektivitasan media. b) Membuat rekapitulasi hasil respon peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Rofika Ayu Lestari
Date Deposited: 19 Jun 2023 01:43
Last Modified: 19 Jun 2023 01:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24263

Actions (login required)

View Item View Item