Pengaruh transparansi dan akuntabilitas terhadap pengelolaan dana anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) dalam mewujudkan good governance di Desa Buluagung, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi

Elvina, Karisma Nur (2023) Pengaruh transparansi dan akuntabilitas terhadap pengelolaan dana anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) dalam mewujudkan good governance di Desa Buluagung, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Karisma Nur Elvina_E20183093.pdf

Download (7MB)

Abstract

Karisma Nur Elvina, 2023: Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Terhadap Pengelolaan Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (Apbdes) dalam Mewujudkan Good Governance di Desa Buluagung, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi.
Kata Kunci: Transparansi, Akuntabilitas, Pengelolaan Dana APBDes
Pengelolaan Dana APBDes adalah seluruh perencanaan yang merupakan hasil kesepakatan antara pemerintah desa dengan badan permusyawaratan desa yang memuat pengeluaran yang ditetapkan untuk menyelenggarakan pemerintahan desa selama satu tahun.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah transparansi berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan dana APBDes di Desa Buluagung, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi? 2) Apakah akuntabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan dana APBDes di Desa Buluagung, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi? 3) Apakah transparansi dan akuntabilitas berpengaruh signifikan jika terapkan secara bersama-sama terhadap pengelolaan dana APBDes di Desa Buluagung, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis pengaruh signifikan transparansi terhadap pengelolaan dana APBDes di Desa Buluagung, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi. 2) Untuk menganalisis pengaruh signifikan akuntabilitas terhadap pengelolaan dana APBDes di Desa Buluagung, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi. 3) Untuk menganalisis pengaruh signikan transparansi dan akuntabilitas jika diterapkan secara bersama-sama terhadap pengelolaan dana APBDes di Desa Buluagung, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan data primer sehingga teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Kuesioner yang digunakan adalah kuesioner tertutup dimana jawaban dari pernyatan-pernyataan dalam kuesioner sudah disediakan oleh peneliti sehingga responden bisa langsung memilih jawaban yang sesuai menurut responden dengan pendapatnya.
Penelitian ini sanpai pada simpulan bahwa 1) transparansi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Pengelolaan dana APBDes di Desa Buluagung, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi, 2) akuntabilitas berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Pengelolaan dana APBDes di Desa Buluagung, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi, 3) transparansi dan akuntabilitas berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Pengelolaan dana APBDes di Desa Buluagung, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: ms Karisma Nur Elvina
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:08
Last Modified: 19 Jun 2023 04:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24273

Actions (login required)

View Item View Item