Korelasi Mahasiswi Berjilbab Syari Dengan Akhlak Terhadap Mahasiswa Prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Ulfa Dwi Candrasari, Ulfa Dwi (2023) Korelasi Mahasiswi Berjilbab Syari Dengan Akhlak Terhadap Mahasiswa Prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ULFA DWI CANDRASARI_20161263.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Mahasiswi berJilbab Syar’i;Akhlak terhadap mahasiswa
Akhlak terhadap sesama manusia adalah salah satu hal yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan sosial manusia. Dalam proses berinteraksi bisa terjadi antara laki-laki dan perempuan. Maka terdapat syari’at mengenai menjaga kemuliaan dan kehormatan seorang perempuan dalam bergaul dengan laki-laki. Ketentuan mengenakan jilbab sudah ada di al-qur’an agar perempuan bisa membatasi perilaku ketika berinteraksi dengan laki-laki yang ukan mahram/muhrimnya.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Adakah korelasi antara mahasiswi berjilbab syar’i dengan akhlak terhadap mahasiswa Prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? 2) Seberapa erat korelasi antara mahasiswi berjilbab syar’i dengan akhlak terhadap mahasiawa Prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember?
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui korelasi antara mahasiswi berjilbab syar’i dengan akhlak terhadap mahasiswa Prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember 2) untuk mengetahui Seberapa erat korelasi antara mahasiswi berjilbab syar’i dengan akhlak terhadap mahasiawa Prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif,jenis survey. Populasi penelitian ini yakni seluruh mahasiswi yang memakai jilbab syar’i dan mhasiswa Prodi PAI Angkatan 2020/2021 Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Teknik sampel yakni teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Instrument penelitian menggunakan angket, kemudian untuk analisis data yang digunakan yakni uji validitas, uji reabilitas dan uji korelasi.
Berdasarkan penelitian, Menunjukkan bahwa: 1) adanya korelasi antara mahasiswi berjilbab syar’i dengan akhlak terhadap mahasiswa Prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Hasil uji korelasi sederhana dalam perhitungan manual adalah sebagai berikut : t hitung sebesar 10,9731 berada di daerah penolakan hipotesis Ho di sebelah kanan, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka terdapat hubungan positif dan signifikan antara Variabel X (mahasiswi berjilbab syar’i) dengan Variabel Y (akhlak terhadap mahasiswa). 2) adanya korelasi yang erat antara mahasiswi berjilbab syar’i dengan akhlak terhadap mahasiawa Prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Korelasi rxy diperoleh dari perhitungan manual sebesar 0,604 lebih besar dari pada ttabel hasil tersebut menunjukkan bahwa variabel X (mahasiswi berjilbab syar’i) dalam penelitian ini terdapat korelasi terhadap variabel Y (akhlak terhadap mahasiswa) dan terdapat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Depositing User: Ulfa Dwi Candrasari
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:34
Last Modified: 19 Jun 2023 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24283

Actions (login required)

View Item View Item