Nur Badriah, Elok (2023) Analisis Strategi Pemasaran Pada Penjualan Produk Chicken Hot Plate di Desa Ambulu Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.
Text
SRIPSI ELOK fix.pdf Download (3MB) |
Abstract
Elok Nur Badriah, Retna Anggitaningsih, 2023: Analisis Strategi Pemasaran
Pada Penjualan Makanan Chicken Hot Plate Di Desa Ambulu Kabupaten
Jember.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Penjualan.
Persaingan dalam dunia bisnis merupakan suatu dinamika tersendiri yang
tidak dapat dihindari. Bagi beberapa pembisnis, persaingan berkonotasi negatif
karena takut akan berkurangnya profit atau konsumen lebih memilih harga rendah
dari pesaing. Namun persaingan yang sehat dapat memberikan hal yang baik bagi
pembisnis, pesaing itu sendiri dan bahkan para pelanggan Chicken Hot Plate di
Ambulu sendiri sudah berdiri sejak tahun 2013. Yang mana rumah makan
Chicken Hot Plate masih tetap bertahan hingga sekarang meski banyak sekali
kendala dan halangan yang membuat Chicken Hot Plate mengalami naik turunnya
pendapatan. Karena rumah makan Chicken Hot Plate sendiri mendirikan di
Ambulu guna memperkenalkan makanan ala korea kepada penduduk desa dengan
harga yang terjangkau.
Fokus masalah yang dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Strategi
pemasaran pada penjualan Produk Chicken Hot Plate di Desa Ambulu Jember?. 2)
Apa saja kendala pada penjualan Produk Chicken Hot Plate di Desa Ambulu
Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Strategi pemasaran pada
penjualan Produk Chicken Hot Plate di Desa Ambulu Jember. 2) Untuk
mengetahui kendala pada penjualan Produk Chicken Hot Plate di Desa Ambulu
Jember.
. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan
jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan
dalam penelitian ini ialah Pemilik, karyawan serta konsumen Cihicken Hot Plate
Ambulu. Analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Untuk pengumpulan data, teknis yang digunakan ialah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data yang
digunakan ialah triangulasi data.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah pertama, Segmentasi pasar. Hal
tersebut diketahui bahwa pemasaran produk Chicken Hot Plate Ambulu
menerapkan jam kerja dari pukul 09.00-15.00 WIB. Selain itu pemilik juga
melakukan segmentasi pasar yang dilakukan lewat aplikasi social media seperti
gofood. target pasar, produk Chicken Hot Plate Ambulu telah memiliki target
pasar yaitu masyarakat Ambulu untuk semua golongan, resto Chicken Hot Plate
Ambulu memproduksi makanan tersebut yang berkualitas kepada masyarakat
yang menginginkan makanan lezat, sehat, dan bebas dari bahan pengawet. Bauran
pemasaran merupakan perluasan dari strategi pemposisian yang mencakup:
Produk, Harga, Distribusi, Promosi. Kedua, Kendala pada penjualan Produk
Chicken Hot Plate di Desa Ambulu Jember diantaranya : 1) kompetensi dengan
restoran-restoran yang sudah ada. 2) Banyaknya Saingan yang Lebih Inovatif. 3)
harga bahan baku yang tidak stabil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Elok Nur Badriah |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 01:49 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 01:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24286 |
Actions (login required)
View Item |