KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA DI SEKOLAH DASAR SWASTA ISLAM ULUL ALBAB SEMPUSARI JEMBER

Mutiatul, Hasanah (2023) KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA DI SEKOLAH DASAR SWASTA ISLAM ULUL ALBAB SEMPUSARI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
MUTIATUL HASANAH_T20193058.pdf

Download (24MB)

Abstract

Kepemimpinan visioner dalam sebuah lembaga pendidikan merupakan
hal yang penting untuk membawa lembaga pendidikan menjadi lebih baik di masa
yang akan datang. Kepala sekolah yang memimpin dengan karakter visioner akan
memiliki visi yang kuat dan motivasi kerja yang tinggi. Sehingga dapat
menciptakan lingkungan yang memiliki motivasi dan semangat kerja yang tinggi
pada suatu lembaga pendidikan.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana
kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai artikulator visi dalam
pengembangan lembaga di SDS Islam Ulul Albab Sempusari Jember?, 2)
Bagaimana kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai inspirator dalam
pengembangan lembaga di SDS Islam Ulul Albab Sempusari Jember?, 3)
Bagaimana kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai motivator dalam
pengembangan lembaga di SDS Islam Ulul Albab Sempusari Jember?. Adapun
tujuan penelitian ini ialah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana kepemimpinan
visioner kepala sekolah sebagai artikulator visi dalam pengembangan lembaga. 2)
Untuk mendeskripsikan bagaimana kepemimpinan visioner kepala sekolah
sebagai inspirator dalam pengembangan lembaga. 3) Untuk mendeskripsikan
bagaimana kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai motivator dalam
pengembangan lembaga.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
dokumentasi, dan wawancara. Untuk analisis data dimulai dari tahap
pengumpulan data, kondensasi data, penarikan data dan penarikan kesimpulan.
Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi
sumber.
Adapun hasil dari penelitian ini diantaranya: 1) Artikulator visi
meliputi, pemimpin visioner mensosialisasikan visi melalui kegiatan upacara
bendera, rapat dan kegiatan-kegiatan lembaga. melakukan ajakan kepada
anggotanya. 2) Inspirator meliputi, pengupayakan kesadaran, pembinaan
pengaruh, peningkatan kecerdasani. 3) Motivator meliputi, mengenali kebutuhan,
dan penyerahan wewenang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Mutiatul Hasanah
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:48
Last Modified: 19 Jun 2023 02:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24287

Actions (login required)

View Item View Item