Mengembangkan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Mozaik Dengan Kertas Origami Pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Al-Muhsin Kota Mojokerto Tahun Ajaran 2022-2023

Mutmainnah, siti (2023) Mengembangkan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Mozaik Dengan Kertas Origami Pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Al-Muhsin Kota Mojokerto Tahun Ajaran 2022-2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI MUTMAINNAH T20185005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Motorik halus adalah bentuk koordinasi, ketangkasan, dan kecekatan dalam menggunakan tangan dan jari jemari. Perkembangan motorik halus adalah gerakan yang menggunakan otot–otot halus atau sebagian anggota tubuh tertentu. teknik mozaik diharapkan dapat mengekpresikan dan mengembangkan bakat, minat dan kreativitasnya, sekaligus mendapatkan pengetahuan dan keterampilan serta mengembangkan sikap dan perilakunya.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana cara mengembangkan motorik halus anak melalui teknik mozaik dengan kertas origami pada anak kelompok B di taman kanak-kanak Al-Muhsin kota Mojokerto? 2) Apa saja faktor pendukung Dan penghambat dalam melakukan pengembangan motorik halus anak melalui teknik mozaik dengan kertas origami pada anak Kelompok B di taman kanak-kanak Al-Muhsin kota Mojokerto?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan cara mengembangkan motorik halus melalui teknik mozaik dengan kertas origami pada anak kelompok B di taman kanak-kanak Al-Muhsin kota Mojokerto. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung Dan penghambat dalam melakukan pengembangan motorik halus anak melalui teknik mozaik dengan kertas origami pada anak Kelompok B di taman kanak-kanak Al-Muhsin kota Mojokerto
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus, Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu: wawancara tidak bestruktur, observasi partisipatif, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menentukan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: 1) Cara mengembangkan motorik halus dengan menggunakan teknik mozaik dengan kertas origami pada kelompok B peneliti menyimpulkan bahwa di Taman Kanak-kanak Al Muhsin ini dengan cara guru mengajarkan anak atau siswa dengan menempelkan kertas origami bentuk kepingan-kepingan yang telah di sediakan oleh guru sehingga pada usia 5-6 Tahun anak sudah bisa melakukan eskplorasi dengan berbagai media pada kegiatan dan juga bisa meniru bentuk juga bisa menempel gambar sesuai dengan pola.2) faktor pendukung dan penghambat pada pembelajaran ini yaitu untuk faktor pendukung anak diberi rewerd untuk yang selesai terlebih dulu, sehingga anak bergegas segera menyelesaikan tugasnya. Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran ini anak di tuntut untuk fokus dan teliti, sehingga anak menjadi cenderung bosan dan jika dalam proses pembelajaran ini anak mengalami kesulitan maka guru sesegera mungkin untuk mengarahkanya.
Kata Kunci : Motorik Halus, Teknik Mozaik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms siti mutmainnah
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:26
Last Modified: 20 Jun 2023 06:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24298

Actions (login required)

View Item View Item