Peran kepala madrasah dalam mengembangkan budaya literasi pada siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang

Fauzi, Achmad (2023) Peran kepala madrasah dalam mengembangkan budaya literasi pada siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang. Masters thesis, UIN Kiai Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Achmad Fauzi_213206010020.pdf

Download (12MB)

Abstract

Fauzi, Achmad, 2023. Peran Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Budaya Literasi Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Shiddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Khotibul Umam, MA. Pembimbing II: Dr. Rusydi Baya’gub, S.Ag, M.Pd.I.
Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah, Budaya Literasi
Posisi strategis dari kepala madrasah sebagai pemegang tonggak kepemimpinan diharapkan agar dapat melaksanakan perannya baik sebagai manager, leader dan motivator, sehingga program-program yang telah ditetapkan dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu aspek yang sangat penting dalam penyusunan program dari suatu lembaga pendidikan adalah tentang program pengembangan budaya literasi pada siswa.
Fokus penelitian dalam tesis ini meliputi 3 peran kepala madrsah yaitu tentang: 1. Bagaimana peran kepala madrasah sebagai manajer dalam mengembangkan budaya literasi pada siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Banyuputih Kidul, 2. Bagaimana peran kepala madrasah sebagai leader dalam mengembangkan budaya literasi pada siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Banyuputih Kidul. 3. Bagaimana peran kepala madrasah sebagai motivator dalam mengembangkan budaya literasi pada siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Banyuputih Kidul. Dari fokus penelitian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran kepala madrasah sebagai manajer, leader dan motivator dalam pengembangan budaya literasi pada siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul 2 Ulum Banyuputih Kidul.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian studi kasus, lokasi penelitian Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang, penentuan sumber data menggunakan teknik purposive sampling, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi, analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles, Huberman dan Saldana, sedangkan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik dan member check.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala madrasah: a. Sebagai manajer dalam mengembangkan budaya literasi pada siswa adalah dengan melaksanakan rangkaian aktifitas manajemen yang meliputi tahapan planning, organizing, actuating dan controlling sesuai dengan perspektif para ahli. b. Sebagai leader yaitu dengan membuat kebijakan-kebijakan yang dapat mendukung terlaksananya pengembangan budaya literasi siswa, memberi keteladanan yang baik, dan menjadi juru bicara, baik dalam menyampiakan informasi kepada para dewan guru, Tim Literasi, maupun kepada siswa. c. sebagai motivator adalah dengan memberikan motivasi secara verbal baik kepada siswa maupun guru, mendelegasikan siswa untuk mengikuti event-event perlombaan, memberikan penghargaan bagi siswa duta literasi dan guru pendamping lomba.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Achmad Fauzi Fauzi
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:27
Last Modified: 20 Jun 2023 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24300

Actions (login required)

View Item View Item