Manajemen Strategis Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Dalam Pengelolaan Dan Pendistribusian Zakat Untuk Mengentaskan Kemiskinan Di Jember

Ingsul, Mohamad (2023) Manajemen Strategis Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Dalam Pengelolaan Dan Pendistribusian Zakat Untuk Mengentaskan Kemiskinan Di Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SIDANG SKRIPSI FIKS.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTTRAK
Mohamad Ingsul, Suprianik, S.E., M.Si. 2023: Manajemen Strategis Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Dalam Pengelolaan Dan Pendistribusian Zakat Untuk Mengentaskan Kemiskinan Di Jember.

Kata Kunci : Manajemen Strategi, Pengelolaan, Pendistribusian, Zakat, Kemiskinan

Zakat merupakan instrumen filantropi Islam yang mempunyai peran penting yang dapat menanggulangi kemiskinan, mengurangi kesenjangan, serta memiliki kontribusi terhadap perekonomian nasional. Oleh karena itu, zakat dikatagorikan sebagai salah satu instrumen pendistributif yang paling vital. Maka dari itu, sebagai cara untuk mengentaskan kemiskinan maka dilakukanlah pendistriusian zakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Fokus penelitian yang dibahas dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Manajemen Strategi Pengelolaan Zakat Dalam Mengentaskan Kemiskinan. 2) Bagaimana Manajemen Strategi Pendistribusian Zakat Dalam Mengentaskan Kimiskinan. 3) Faktor Apa Saja yang Menghambat Dalam Pengelolaan Dan Pendistribusian Zakat. 4) Bagaimana Upaya Untuk Mengatasi Hambatan Dalam Pengelolaan Dan Pendistribusian Zakat.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendiskripsikan Manajemen Strategi Pengelolaan Zakat Dalam Mengentaskan Kemiskinan. 2) Untuk Mendiskripsikan Manajemen Strategi Pendistribusian Zakat Dalam Mengentaskan Kemiskinan. 3) Untuk Mengetahui Faktor Apa Saja yang Menghambat Dalam Pengelolaan Dan Pendistribusian Zakat. 4) Untuk Mengetahui Upaya Dalam Mengatasi Hambatan Dalam Pengelolaan Dan Pendistribusian Zakat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian menggunakan teknik purposiv, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber.
Penelitian ini dapat disimpulkan yaitu: 1) Manajemen strategi pengelolaan zakat yang dilakukan oleh Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat untuk mengentaskan kemiskinan dikelola sebaik mungkin dan di kelola sesuai dengan standar oprasional prosedur (SOP) 2) Manajemen strategi pendistribusian zakat yang dilakukan oleh Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat untuk mengentaskan kemiskinan dengan menyalurkan zakatnya ke 8 asnaf 3) Faktor penghambat dalam pengelolaan dan pendistribusian zakat Nurul Hayat adalah yang pertama ketidak sesuaian waktu pendistribusian, faktor cuaca yang tidak mendukung, dan faktor minimnya transfortasi. 4) Upaya untuk mengatasi hambatan dalam pengelolaan dan pendistribusian zakat Nurul Hayat melakukan jadwal ulang dan bekerjasama dengan tokoh masyarakat dan koordinator daerah yang sudah ditentukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Mohamad Ingsul Ingsul
Date Deposited: 19 Jun 2023 08:44
Last Modified: 19 Jun 2023 08:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24301

Actions (login required)

View Item View Item