Pengaruh Pengungkapan Akuntansi lingkungan Fisik, Akuntansi Lingkungan Moneter dan Kinerja lingkungan terhadap Nilai Perusahaan pada PTPN XI Pabrik Gula Gending

Humairah, Intan Balqis (2023) Pengaruh Pengungkapan Akuntansi lingkungan Fisik, Akuntansi Lingkungan Moneter dan Kinerja lingkungan terhadap Nilai Perusahaan pada PTPN XI Pabrik Gula Gending. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Intan Balqis Humairah, E20193020.pdf

Download (26MB)

Abstract

Banyak perusahaan mengabaikan biaya lingkungan karena mereka berpendapat bahwa biaya tersebut hanya sebatas pendukung aktivitas operasional perusahaan dan tidak berkaitan langsung dalam proses produksi.Akuntansi lingkungan merupakan istilah yang mengkhususkan pembiayaan pada perusahaan atau pemerintah dari aktivitas operasional yang nantinya memunculkan biaya lingkungan dan perusahaan wajib mengeluarkan biaya tersebut.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu : 1) Apakah akuntansi lingkungan fisik berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan? 2) Apakah akuntansi lingkungan moneter berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan? 3) Apakah kinerja lingkungan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan? 4) Apakah akuntansi lingkungan fisik, akuntansi lingkungan moneter dan kinerja lingkungan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap nilai perusahaan?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis pengaruh signifikan akuntansi lingkungan fisik terhadap nilai perusahaan. 2) Untuk menganalisis pengaruh signifikan akuntansi lingkungan moneter terhadap nilai perusahaan. 3) Untuk menganalisis pengaruh signifikan kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan. 4) Untuk menganalisis pengaruh signifikan akuntansi lingkungan fisik, akuntansi lingkungan moneter dan kinerja lingkungan secara simultan terhadap nilai perusahaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field reseach (penelitian lapangan). Populai dan sampel penelitian ini yaitu staf bagian akuntansi dan pengolahan Pabrik Gula Gending sebanyak 43 karyawan dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 43 responden dengan teknik sampel jenuh. Alat analisa data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi kliasik dan analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi (R2) dengan bantuan program SPSS Statistics versi 22.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel akuntansi lingkungan fisik dan moneter berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel akuntansi lingkungan fisik nilai thitung 3,098 > ttabel 2,022, nilai signifikan 0,004 < 0,05, variabel akuntansi lingkungan moneter nilai thitung 7,271 > ttabel 2,022, nilai signifikan 0,000 < 0,05. Pada variabel kinerja lingkungan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, dimana nilai thitung -1,764< ttabel 2,022 nilai signifikan 0,086 > 0,05. Sedangkan secara simultan variabel akuntansi lingkungan fisik, akuntansi lingkungan moneter dan kinerja lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai Fhitung 24,883 > Ftabel 2,855 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Intan Balqis Humairah
Date Deposited: 19 Jun 2023 07:50
Last Modified: 19 Jun 2023 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24304

Actions (login required)

View Item View Item