Pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan di sekolah menengah atas unggulan badan pengkajian dan penerapan teknologi darus sholah jember

Lia Zannuba, Adilah (2023) Pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan di sekolah menengah atas unggulan badan pengkajian dan penerapan teknologi darus sholah jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lia Zannuba Adilah_213206010017.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Lia Zannuba Adilah. 2023. Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas Unggulan Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi Darus Sholah Jember. Pembimbing I: Dr. Hj. ST. Rodliyah, M.Pd. Pembimbing II: Dr. H. Ubaidillah, M.Ag.

Kata Kunci : Sistem Penjaminan Mutu Internal, Mutu Lembaga Pendidikan

Mutu merupakan suatu hal yang digunakan untuk membedakan antara yang baik dan buruk pada suatu sistem pendidikan. Pendidikan dikatakan bermutu apabila memberikan kepuasan terhadap pengguna jasa pendidikan sesuai standar yang ditetapkan. Mutu merupakan konsep yang bersifat nisbi bukan absolut yang memiliki kemampuan memuaskan kebutuhan pihak-pihak yang berkepentingan. SMA Unggulan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Darus Sholah adalah salah satu sekolah yang menjadi model dalam pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). SMA berada dalam naungan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Darus Sholah yang sudah terakreditasi A. Walaupun masih terbilang muda dan baru berusia 17 Tahun, alumni SMA Unggulan BPPT Darus Sholah telah sukses dan memiliki profesi beragam. Seperti salah seorang alumninya yang kini telah menjadi seorang dokter di RS UB Malang, yakni dr Cahya Firly Nanda. Menurutnya, SMA Unggulan BPPT Darus Sholah telah memberinya ilmu, akhlak dan senantiasa memupuk motivasi untuk mencapai cita cita. Ini menunjukkan betapa SPMI di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah terjaga. Tujuan penelitian ini adalah, 1.) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal dalam meningkatkan mutu Lembaga Pendidikan di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan, 2.) Standar Isi, 3.) Standar Penilaian dan 4.) Standar Pengelolaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan jenis studi kasus (case study). Adapun Tehnik Pengumpulan Data yang akan digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Kemudian hasil penelitian adalah; 1.) Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan meliputi; Pemetaan Mutu yang berupa analisis SWOT dan dilakukan secara bersama-sama antara kepala sekolah, guru, yayasan dan tim SPMI; Penyusunan Rencana Pemenuhan yang merupakan kelanjutan dari proses pemetaan mutu yaitu perencanaan sistem penjaminan mutu berdasarkan hasil pemetaan mutu; Pelaksanaan Rencana Pemenuhan yang merupakan implementasi dari perencanaan sistem penjaminan mutu; Evaluasi/ Audit Pelaksanaan Rencana merupakan bentuk pengawasan dari sistem penjaminan mutu dan Penetapan Standar Mutu merupakan tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan penjaminan mutu di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember 2.) Standar Isi, meliputi langkah-langkah yang sama dengan standar mutu lulusan, begitu pula terjadi pada 3.) Standar Penilaian dan 4.) Standar Pengelolaan. Keunggulan dan peluang pada Sistem Penjaminan Mutu Internal dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember adalah koordinasi yang baik antara tim penjamin mutu dengan kepala sekolah serta guru sehingga tindak lanjut bisa dilaksanakan secara cepat dan tepat, sedankan kelemahan dan hambatannya adalah administrasi dan pengarsipan dokuman masih banyak berupa manual, sehingga menghambat kecepatan dalam bekerja.
.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Program Magister > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Lia Zannuba Adilah
Date Deposited: 19 Jun 2023 08:49
Last Modified: 19 Jun 2023 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24307

Actions (login required)

View Item View Item