Analisis swot pada rantai distriburi beras organisk oleh UD.Barokah

Maulana, Mohammadavini (2023) Analisis swot pada rantai distriburi beras organisk oleh UD.Barokah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Hj Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD AVINI MAULANA_E20172089-2.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Avini Maulana, Ana Pratiwi M.S.A., 2022 : Analisis SWOT Pada Rantai Distribusi Beras Organik oleh UD.AL-Barokah Bondowoso.

Distribusi adalah salah satu aspek pemasaran. Distribusi juga dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan. Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang digunakan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Begitu juga dengan UD Al-Barokah yang harus mengetahui kelemahan, kekuatan, peluang dan ancaman perusahaan untuk mengembangkan usahanya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Analisis SWOT pada rantai distribusi beras organik oleh UD Al-Barokah Bondowoso?. 2) Bagaimana strategi pemasaran distribusi beras organik oleh UD Al-Barokah Bondowoso?.
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Untuk Mengetahui Analisis SWOT pada rantai distribusi beras organik oleh UD Al-Barokah Bondowoso, 2) Untuk Mengetahui Strategi pemasaran distribusi beras organik oleh UD Al-Barokah Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam menentukan subjek penelitian menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kesimpulan penelitian adalah : 1) Analisis SWOT pada rantai distribusi beras Organik oleh UD. Al-Barokah Bondowoso adalah A. Strength (Kekuatan) memiliki 2 saluran distribusi, mempunyai petani sendiri, pengirimannya sudah menggunakan ekspedisi, sudah mencapai pangsa pasar, mempunyai banyak reseller dan konsumen, memiliki mesin yang sekali produksi sampai 3-4 ton, Bersertifikat nasional. B.weakness (Kelemahan) reseller atau konsumen sering komplain, Ekspedisinya lambat dalam pengiriman, kekurangan bahan baku, harga jual sedikit mahal, pelayanan reseller lama, belum memiliki SOP, Informasi brosur tidak tercantum dalam brosur. C.Opportunities (Peluang) memiliki beberapa macam beras organik, konsumen bisa merequest beras yang akan dibeli, pengemasan sudah divakum, Mempunyai hubungan yang sangat baik terhadap reseller atau konsumen, Pemesanan lewat aplikasi. D. Threats Ketika ada pesaing harga yang harganya lebih murah, Reseller menolak beras dikarenakan beras berkutu. 2)Strategi pemasaran distribusi beras organik oleh UD. Al-Barokah Bondowoso Strategi pemasaran di UD Al-Barokah mencakup strategi marketing mix atau juga dikenal sebagai strategi pemasaran 4P yang meliputi product, price, place, promotion merupakan suatu alat pemasaran modern yang digunakan guna untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada produk beras organik.

Kata Kunci : Analisis SWOT, Distribusi Beras Organik, Strategi Pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: mr Mohammad AviniMaulana
Date Deposited: 19 Jun 2023 07:28
Last Modified: 19 Jun 2023 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24311

Actions (login required)

View Item View Item