Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank Dengan Metode RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital) Terhadap Implementasi Green Banking Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2017-2021

Sari, Framita (2023) Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank Dengan Metode RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital) Terhadap Implementasi Green Banking Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2017-2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Framita Sari_E20191196.pdf

Download (55MB)

Abstract

Green Banking yakni konsep bisnis industri jasa keuangan yang merujuk pada praktik bisnis yang ramah lingkungan serta dalam ukuran ekonomi yang memadai dan meningkat sehingga memiliki kemanfaatan terhadap kelangsungan bisnis. Berdasarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 13/1/PBI/2011 tentang Kesehatan bank dinilai menggunakan pendekatan RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital). Dengan penilaian Kesehatan bank dan mendapatkan penilaian tingkat kesehatan bank yang sehat, maka bank mampu menerapkan konsep green banking secara baik dan berkelanjutan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat pengaruh antara NPF pada green banking Bank Umum Syariah? (2) Apakah terdapat pengaruh antara GCG pada green banking BUS? (3) Apakah terdapat pengaruh antara ROA pada green banking BUS? (4) Apakah terdapat pengaruh antara CAR pada green banking BUS? (5) Apakah terdapat pengaruh antara NPF, GCG, ROA, CAR pada green banking BUS?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) memberika paparan tentang pengaruh NPF pada green banking BUS. (2) memberika paparan tentang pengaruh GCG pada green banking BUS. (3) memberika paparan tentang pengaruh ROA pada green banking BUS. (4) memberika paparan tentang pengaruh CAR pada green banking BUS. (5) memberika paparan tentang pengaruh NPF,CGC,ROA,CAR pada green banking BUS.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi atau korelasional, yaitu penelitian untuk mengetahui hubungan dan tingkat hubungan antara dua variable atau lebih. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan program SPSS Versi 26 untuk pengolahan data. Data yang dipakai yaitu data sekunder yang diperoleh dari website masing-masing bank umum syariah yang terdaftarr di OJK periode 2017-2021. Data observasi yang digunakan sebanyak 40 data.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: (1) NPF mempengaruhi implementasi green banking secara positif dan signifikan. (2) GCG mempengaruhi implementasi green banking secara positif dan signifikan. (3) ROA mempengaruhi implementasi green banking secara negatif dan tidak signifikan. (4)CAR mempengaruhi implementasi green banking secara positif dan signifikan. (5) seluruh variable bebas (NPF,GCG,ROA,CAR) mempengaruhi implementasi Green Banking secara bersamaan sebesar 37,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140305 Time-Series Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Framita Sari
Date Deposited: 19 Jun 2023 08:31
Last Modified: 19 Jun 2023 08:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24315

Actions (login required)

View Item View Item