Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau dari Keterampilan Sosial Siswa di SMP Negeri 11 Jember

Manifah, Ilma Alfianita (2023) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau dari Keterampilan Sosial Siswa di SMP Negeri 11 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ILMA ALFIANITA MANIFAH_T20197132.pdf

Download (33MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi merupakan kecakapan yang dimiliki seseorang dalam menyampaikan dan menerima suatu ide atau gagasan matematika melalui komunikasi secara lisan dan tulisan. Komunikasi lisan dapat berupa penjelasan ataupun pengungkapan secara verbal mengenai suatu gagasan matematika. Sedangkan komunikasi tulis ialah kemampuan yang dapat berupa penggunaan tabel, gambar, kata-kata, dan lain sebagainya yang mengambarkan suatu proses berpikir siswa. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki oleh siswa adalah keterampilan sosial siswa dalam proses pembelajaran. Keterampilan sosial siswa adalah kemampuan seorang siswa untuk berinteraksi, berkomunikasi dan menjalin hubungan sosial dengan orang lain. Hal penting yang dimaksud ketika kita mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa, maka kita akan mengetahui setrategi yang tepat untuk meningkatkan ke keterampilan sosial dalam proses pembelajaran.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa dengan keterampilan sosial tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi lengkung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari keterampilan sosial tinggi, sedang dan rendah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan di SMP Negeri 11 Jember kelas IX yang berjumlah 29 siswa. Penentuan subjek diambil dari 3 siswa yang berkemampuan matematika tinggi dilihat dari hasil tes angket keterampilan sosial. Teknik pengumpulan data menggunakan angket keterampilan sosial, tes soal pertama dan kedua kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Milles dan Huberman serta menggunakan triangulasi teknik dan waktu.
Hasil analisis data pada siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi yakni mampu memenuhi 4 indikator kemampuan komunikasi matematis baik secara tulis maupun lisan. Namun pada indikator kedua soal pertama tidak menjabarkan langkah-langkah dalam penyelesaiannya secara sistematis. Pada siswa dengan keterampilan sosial sedang yakni mampu memenuhi 3 indikator kemampuan komunikasi matematis baik tulis maupun lisan. Pada siswa dengan keterampilan sosial rendah yakni hanya memenuhi 2 indikator kemampuan komunikasi matematis baik secara tulis maupun lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010104 Combinatorics and Discrete Mathematics (excl. Physical Combinatorics)
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ilma alfianita
Date Deposited: 20 Jun 2023 07:44
Last Modified: 20 Jun 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24318

Actions (login required)

View Item View Item