Strategi Pengembangan Usaha Ternak Lebah Madu di Desa Karangharjo Kecamatan Silo

Munawaroh, Lailatul (2023) Strategi Pengembangan Usaha Ternak Lebah Madu di Desa Karangharjo Kecamatan Silo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSIKU LAILA REVISI SIDANG watermak.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lailatul Munawaroh, 2023: Strategi Pengembangan Usaha ternak Lebah Madu di Desa Karangharjo Kecamatan Silo.

Kata Kunci: Strategi pengembangan usaha, Analisis SWOT.

Budidaya lebah madu masih menjadi bisnis yang sangat menggiurkan di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia yang memiliki hutan alam seluas lebih dari 200 juta hektar, memiliki beraneka ragam jenis tumbuhan khas yang mekar setiap tahunnya. Untuk beternak lebah madu Apis Maliefera, tumbuhan ini berfungsi sebagai sumber makanan lebah. Saat ini lebah Apis Maliefera, yang paling popular dibudidayakan karena temperamennya yang tidak agresif dan mudah dikembangbiakkan di kalangan peternak lebah.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana strategi pengembangan usaha ternak lebah madu di Desa Karangharjo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember? 2. Bagaimana analisa SWOT dalam pengembangan usaha ternak lebah madu di Desa Karangharjo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui strategi apa yang tepat dalam pengembangan usaha ternak lebah madu di Desa Karangharjo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember. 2 Untuk mengetahui analisa SWOT dalam pengembangan usaha ternak lebah madu di Desa Karangharjo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember.
Metodologi analisis SWOT diterapkan dalam desain penelitian deskriptif kualitatif penelitian ini. Untuk memudahkan peneliti dalam melakukan penelitian, peneliti memilih informan dengan menggunakan strategi sampel purposive, yaitu teknik pemilihan dengan pertimbangan dan tujuan tertentu yang dianggap paling tahu oleh individu tersebut. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1. Strategi pengembangan usaha ternak lebah madu di Desa Karangharjo memilki keunggulan antara lain para karyawan telah mengikuti pelatihan, fasilitas produksi yang memadai, manajemen budidaya telah diterapkan dan memiliki pangsa pasar. 2. Alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam upaya pengembangan usaha ternak lebah madu ini menggunakan analisis SWOT yaitu Strategi W-O atau kelemahan-peluang yaitu melakukan perawatan lebah madu dan memperbaiki kemasan produk madu, mengikuti pelatihan yang ada di Desa Karangharjo. Strategi S-T atau kekuatan-ancaman yaitu memberikan harga yang terjangkau terhadap pelanggan setia, memperhitungkan kapan cuaca sedang buruk untuk memanen madu. Strategi W-T atau kelemahan-ancaman yaitu memperluas area lahan pakan lebah, meningkatkan kerja sama antar kelompok usaha ternak lebah madu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mis Lailatul Munawaroh
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:46
Last Modified: 20 Jun 2023 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24321

Actions (login required)

View Item View Item