Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rabbani (Studi Pada Santriwati Pondok Pesantren Nurul Islam Jember)

Septiayu, Indah (2023) Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rabbani (Studi Pada Santriwati Pondok Pesantren Nurul Islam Jember). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Indah Septiayu_E20192449.pdf

Download (3MB)

Abstract

Indah Septiayu, Aminatus Zahriyah, S.E., M.Si, 2023: Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Rabbani ( Studi Pada Santriwati Pondok Pesantren Nurul Islam Jember).

Kata Kunci : Brand Image, Harga, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian

Di era milenial saat ini trend fashion muslim sangat digandrungi oleh masyarakat. Hal itu menyebabkan banyaknya permintaan terhadap produk fashion muslim dikarenakan bertambah banyaknya jumlah wanita yang mengenakan hijab di Indonesia. Dengan demikian memicu banyaknya perusahaan yang berminat di bidang ini yang akhirnya banyak bermunculan merek-merek baru dalam industry fashion. Peluang ini digunakan dengan baik oleh Bapak H. Amey Gunawan bersama istrinya Ibu HJ. Nia Kurnia selaku pendiri produk fashion Rabbani. Produknya berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Top Brand Index dalam kategori busana muslim.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu 1) apakah brand image berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk Rabbani pada santriwati pondok pesantren Nurul Islam jember? 2) apakah harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk Rabbani pada santriwati pondok pesantren Nurul Islam jember? 3) apakah kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk Rabbani pada santriwati pondok pesantren Nurul Islam jember? 4) apakah brand image, harga dan kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk Rabbani pada santriwati pondok pesantren Nurul Islam jember?
Tujuan pada penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian produk Rabbani pada santriwati pondok pesantren Nurul Islam jember. 2) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk Rabbani pada santriwati pondok pesantren Nurul Islam jember. 3) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Rabbani pada santriwati pondok pesantren Nurul Islam jember. 4) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand image, harga dan kualitas produk secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk Rabbani pada santriwati pondok pesantren Nurul Islam jember.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu santriwati pondok pesantren Nurul Islam Jember dengan jumlah 198 sampel. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner kepada santriwati pondok pesantren Nurul Islam Jember sebagai responden. Analisis data yang digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis.
Kesimpulan penelitian ini adalah berdasarkan uji T dapat disimpulkan bahwa variabel brand image berpengaruh negatif dan tidak signifikan, sedangkan untuk variabel harga dan kualitas produk berpegaruh positif dan signifikan. Dalam penelitian ini uji T menunjukkan bahwa nilai uji t dengan nilai t hitung dan t tabel, barand image (0,772 <1,972), harga (2,320 > 1,972), kualitas produk (4,665 > 1,972). Sedangkan untuk uji f dapat disimpulkan bahwa brand image, harga dan kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion Rabbani dengan menunjukkan nilai (33,047 > 2,65).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140206 Experimental Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Indah Septiayu
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:50
Last Modified: 20 Jun 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24323

Actions (login required)

View Item View Item