Analisis Framing Akhlak Madzmummah Dalam Film KKN di Desa Penari

Ramadhan, Farich Syihab (2023) Analisis Framing Akhlak Madzmummah Dalam Film KKN di Desa Penari. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Farich Syihab Ramadhan D20181085.pdf

Download (2MB)

Abstract

Film merupakan tontonan yang menyajikan atau menggugah panca indera manusia, tidak mengherankan apabila film jauh lebih disukai dibandingkan media lainnya. Salah satu film yang fenomenal dan dilihat oleh banyak manusia dan menjadi trending topik selama beberapa bulan di tahun 2022 yaitu film KKN di Desa Penari, sayangnya isi dari film tersebut tidak semuanya bagus, bahkan beberapa scene itu mengandung akhlak madzmumah yang jelas melanggar aturan agama Islam. Melihat mayoritas penduduk negara Indonesia adalah beragama Islam, tentu sebagian besar penonton dari film KKN di Desa Penari adalah mayoritas muslim. Manusia yang melihat film tersebut secara tidak langsung terekam di otak dan mempengaruhi pada kehidupan nyata, yang semestinya tidak menjadi sebuah konsumsi manusia pada scene yang mengandung akhlak madzmumah. Dengan secara sadar atau tidak sadar jika melihat sesuatu akan membekas dan akan menjadi ingatan di memori otak manusia, menimbulkan perilaku yang menyimpang dari ajaran Islam itu sendiri. Film tersebut ditemukan pada scene tertentu yang menjadikan bingkai akhlak madzmumah.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Apa saja aspek framing akhlak madzmumah yang ditampilkan oleh produser di film KKN di Desa Penari? 2) Bagaimana perangkat framing Robert N. Entman terhadap framing akhlak madzmumah yang ditampilkan oleh produser di film KKN di Desa Penari?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui apa saja aspek framing akhlak madzmumah yang ditampilkan oleh produser di film KKN di Desa Penari 2) mengetahui bagaimana perangkat framing Robert N. Entman terhadap framing akhlak Madzmumah yang ditampilkan oleh produser di film KKN di Desa Penari?
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan analisis framing yang bersifat analisis deskriptif, guna menganalisis framing Akhlak Madzmumah dalam Film KKN Di Desa Penari. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Analisis Framing Film KKN di Desa model Robert M. Entman, maka ditemukan akhlak madzmumah yang telah disiarkan dalam film KKN di Desa Penari yakni egois, khianat, berzina, tergesa-gesa dan bersekutu dengan Jin. Dalam Film ini peneliti juga memperoleh pesan dalam film ini yakni jangan egois, menjaga sikap, berpikir sebelum bertindak, cinta harus berjalan dengan logika, menghormati kepercayaan dan adat istiadat setempat.
Kata Kunci: Analisis Framing, Akhlak Madzmumah, Film

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1602 Criminology > 160201 Causes and Prevention of Crime
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1606 Political Science > 160602 Citizenship
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Farich Syihab Ramadhan
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:48
Last Modified: 21 Jun 2023 07:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24325

Actions (login required)

View Item View Item