ANALISIS LABA DAN RESIKO PADA BISNIS KULINER DENGAN SISTEM PENJUALAN VIA OFFLINE DAN ONLINE DI DESA PENGANJURAN KECAMATAN BANYUWANGI KABUPATEN BANYUWANGI

Antini, Antini (2023) ANALISIS LABA DAN RESIKO PADA BISNIS KULINER DENGAN SISTEM PENJUALAN VIA OFFLINE DAN ONLINE DI DESA PENGANJURAN KECAMATAN BANYUWANGI KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KHAS.

[img] Text
Antini_E20172229.pdf

Download (2MB)

Abstract

Antini, Dr. Hj. Nurul Setianingrum S,E., M.M 2022: Analisis Laba dan Risiko Pada Bisnis Kuliner Dengan Sistem Penjualan Via Offline dan Online di Desa Penganjuran Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi
Kata Kunci : Laba, Risiko, Bisnis kuliner

Di desa penganjuran kecamatan banyuwangi kabupaten banyuwangi banyak usaha yang berdiri salah satunya yaitu usaha kuliner yang menjual macam macam makanan dan minuman seperti sego tempong, nasi pecel, sego kuning, gado-gado dan masih banyak lainnya, ada juga minuman seperti es degan, es campur dan jus buah. Untuk mengembangkan usahanya para pemilik usaha bekerja sama dengan gofood agar mendapatkan laba yang lebih besar. Dari beberapa keterangan narasumber yang peneliti wawancarai, pendapatan laba penjualan secara offline lebih besar dari penjualan secara online.
Fokus penelitian ini adalah 1.) bagaimana perkembangan laba bisnis kuliner via offline dan via online di desa penganjuran kecamatan banyuwangi kabupaten banyuwang? 2.) bagaimana pelaku bisnis menghadapi risiko penjualan bisnis kuliner via offline dan online di desa penganjuran kecamatan banyuwangi kabupatwn banyuwangi? 3.) bagaimana perbandingan laba antara penjualan bisnis kuliner via offline dan via online di desa penganjuran kecamatan banyuwangi kabupaten banyuwangi? 4.) bagaimana perbandingan risiko antara penjualan bisnis kuliner via offline dan online di desa penganjuran kecamatan banyuwangi kabupaten banyuwangi?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis pendekatan deskriptif. Dalam menentukan informan penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triagulasi.
Penelitian ini menghasilkan bahwa 1.) laba penjualan secara offline lebih banyak dari pada perkembangan laba secara online 2.) pelaku usaha untuk menghadapi risiko penjualan secara online dengan mengikutkan toko online nya dengan program yang sudah disediakan gofood, sedangkan untuk penjualan secara offline dengan meningkatkan pelayanan, kualitas, memberikan potongan harga dan ongkos kirim yang murah 3.) penjualan secara online dan offline dari hasil penelitian menunjukkan perbandingan 20% penjualan secara online dan untuk penjualan secara offline adalah 80% 4.) tingkat risiko yang paling tinggi dihadapi para pelaku usaha adalah penjualan secara online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Antini Antini
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:36
Last Modified: 20 Jun 2023 06:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24326

Actions (login required)

View Item View Item