PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 5 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

puji lestari, eka ayu (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 5 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, uin kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
EKA AYU PUJI LESTARI_T20199008.pdf

Download (3MB)

Abstract

Eka Ayu Puji Lestari,2023: Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture
Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS
Kelas VII di SMP Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023
Kata kunci : model picture and picture, minat belajar siswa, hasil belajar siswa,
mata pelajaran IPS
Penerapan model pembelajaran inovatif sebagai upaya dalam
meningkatkan proses pembelajaran berlangsung dengan sangat menyenangkan
sehingga meningkatkan rasa ketertarikan siswa untuk berpartisipasi dalam
pelaksanaan pembelajaran.
Adapun Fokus penelitian ini adalah:1) Bagaimana penerapan model
pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan minat belajar siswa pada
pembelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 05 Jember Tahun Pelajaran
2022/2023?, 2) Bagaimana penerapan model pembelajaran picture and picture
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VII di SMP
Negeri 05 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah; 1)
meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VII di SMP
Negeri 05 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 05 Jember Tahun
Pelajaran 2022/2023.
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan metode penelitian
tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus setiap siklus terdiri dari 2
kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, tahap refleksi, dengan subjek
penelitian siswa kelas VII E yang berjumlah 28 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan model pembelajaran
picture and picture dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran
IPS kelas VII di SMP Negeri 5 Jember. Hasil analisis angket pada siklus I
menunjukkan skor 19,6% peminatan belajar IPS. Kemudian angket pada siklus II
menunjukkan peningkatan sebesar 19,77%, hasil pengamatan terakhir siklus III
terdapat peningkatan yang signifikan sebesar 20,2% perhitungan ini dilakukan
melalui tehnik analisis data angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan model pembelajaran
picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS
kelas VII di SMP Negeri 5 Jember. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai
siswa antara pra siklus dan pasca siklus. Diketahui bahwa ada peningkatan ratarata hasil belajar siswa dalam setiap pertemuan. Untuk mengetahui nilai awal,
peneliti melakukan pretest terhadap siswa, hasilnya siswa yang nilainya tuntas
atau >75 berjumlah 7 siswa (25%) sedangkan nilai yang belum tuntas atau >75
berjumlah 21% siswa. Pada hasil siklus I hasilnya berupa 64,28%. Pada siklus II
hasilnya berupa 82,14 %. Pada siklus III hasilnya berupa 92,42%. Maka dapat
disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran picture and picture dapat
meningkatakan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VII
Di SMP Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Eka Ayu Puji Lestari
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:56
Last Modified: 20 Jun 2023 06:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24327

Actions (login required)

View Item View Item