Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Al-Amiriyyah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023

nur, laeliyah (2023) Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Al-Amiriyyah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Masters thesis, uin khas jember.

[img] Text
nur laeliyah_213206010007.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Laeliyah, Nur, 2023. “Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Al-Amiriyyah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023”. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I : Dr. St. Rodliyah, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Abd. Muhith, S.Ag, M.Pd.I.

Kata Kunci: manajemen sarana dan prasarana, mutu pendidikan.

Adanya suatu kesenjangan dalam mutu pendidikan salah satu faktor penyebabnya adalah sarana dan prasarana yang belum memadai. Salah satu faktor proses pendidikan yang baik yakni memerlukan sarana dan prasrana atau fasilitas yang memadai, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Hal ini karena sarana dan prasarana mempunyai peran yang sangat besar dalam mengembangkan sebuah lembaga pendidikan. Untuk itu, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah melalui peningkatan mutu pendidikan.
Fokus penelitian: (1) Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTS Al-amiriyyahi Banyuwangi? (2) Bagaimana pengadaan sarana dan prasarana dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTS Al-amiriyyah Banyuwangi? (3) Bagaimana penggunaan sarana dan prasarana dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTS Al-amiriyyah Banyuwangi?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perencanaan sarana dan prasarana dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTS Al-amiriyyah Banyuwangi, (2) mendeskripsikan pengadaan sarana dan prasarana dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTS Al-amiriyyah Banyuwangi, (3) mendeskripsikan penggunaan sarana dan prasarana dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTS Al-amiriyyah Banyuwangi.
Metode Penelitian menggunakan pendekatan Kualitatif Jenis Study Kasus, Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara,Observasi dan Dokumentasi, Penentuan Subyek penelitian menggunakan Purposive, Sumber Data berupa Informan, Kegiatan dan Dokumen, Analisis data Menggunakan Kondensasi data (Data Condentation),Pemaparan Data (Data Display),penarikan dan Verivikasi Kesimpulan (Drawing and Verifying Conclution), Uji Keabsahan data dengan Mengguanakan Triangulasi Sumber, Triangulasi Teknik dan Penggecekan anggota (Member Check).
Hasil penelitian ini meliputi: (1) proses perencanaan sarana dan prasarana dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTs Al Amiriyyah Banyuwangi dilakukan: (a) analisis kebutuhan melalui rapat tenaga pendidik (b) Musyawarah bersama tim pengembang Madrasah (c) rapat pihak yayasan. (2) kegiatan pengadaan sarana dan prasarana dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTs Al Amiriyyah Banyuwangi dilakukan: (a) dropping dari pemerintah (b) memebeli atau memesan (c) sumbangan. (3) kegiatan penggunaan sarana dan prasarana dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTs Al Amiriyyah Banyuwangi dilakukan: (a) membuat jadwal penggunaan (b) bertanggung jawab dengan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Laeliyah Miskadi
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:18
Last Modified: 20 Jun 2023 06:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24331

Actions (login required)

View Item View Item