Analisis kinerja perusahaan dengan metode balance scorecard pada Pabrik Mie Bihun Ikan Mas Bangsalsari Jember

Lestari, Riska Ayu (2023) Analisis kinerja perusahaan dengan metode balance scorecard pada Pabrik Mie Bihun Ikan Mas Bangsalsari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Riska Ayu Lestari_E20193059.pdf

Download (3MB)

Abstract

Riska Ayu Lestari, 2023: Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Metode Balance Scorecard Pada Pabrik Mie Bihun Ikan Mas Bangsalsari Jember
Kata Kunci: Kinerja Perusahaan, Balance Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran & Pertumbuhan
Dalam dunia bisnis pengukuran kinerja perusahaan penting dilakukan karena dapat mengevaluasi hasil pencapaian kinerja perusahaan, namun pengukuran kinerja perusahaan tidak hanya diukur dari segi kinerja keuangan, perusahaan juga membutuhkan pengukuran kinerja non keuangan suatu tipe perencanaan yang mampu beradaptasi dengan perubahan bisnis, seperti pengukuran kinerja balance scorecard.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana kinerja Pabrik Mie Bihun Ikan Mas Bangsalsari Jember jika diukur dengan metode balance scorecard berdasarkan perspektif keuangan? 2) Bagaimana kinerja Pabrik Mie Bihun Ikan Mas Bangsalsari Jember jika diukur dengan metode balance scorecard berdasarkan perspektif pelanggan? 3) Bagaimana kinerja Pabrik Mie Bihun Ikan Mas Bangsalsari Jember jika diukur dengan metode balance scorecard berdasarkan perspektif proses bisnis internal? 4) Bagaimana kinerja Pabrik Mie Bihun Ikan Mas Bangsalsari Jember jika diukur dengan metode balance scorecard berdasarkan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan?
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kinerja Pabrik Mie Bihun Ikan Mas Bangsalsari Jember jika diukur dengan metode balance scorecard berdasarkan perspektif keuangan. 2) Untuk mengetahui kinerja Pabrik Mie Bihun Ikan Mas Bangsalsari Jember jika diukur dengan metode balance scorecard berdasarkan perspektif pelanggan. 3) Untuk mengetahui kinerja Pabrik Mie Bihun Ikan Mas Bangsalsari Jember jika diukur dengan metode balance scorecard berdasarkan perspektif proses bisnis internal. 4) Untuk mengetahui kinerja Pabrik Mie Bihun Ikan Mas Bangsalsari Jember jika diukur dengan metode balance scorecard berdasarkan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dan jenis penelitiannya yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian bersifat deskriptif. Metode penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang atau perilaku yang dapat diamati.
Berdasarkan dari hasil penelitian, bahwa kinerja Pabrik Mie Bihun Ikan Mas 1) perspektif keuangan, nilai ROE dan ROA berfluktuasi, 2) perspektif pelanggan, pertama pelanggan puas terhadap pelayanan, harga dan kualitas mie bihunnya serta ada penambahan pelanggan baru, 3) perspektif proses bisnis internal, untuk proses operasi efisien, proses pelayanan purna jual diterapkan, namun proses inovasi tidak ada, 4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, pertama karyawan puas terhadap perlakuan atasan dan fasilitas yang diberikan, kemudian untuk informasi perintah dari atasan dilakukan dengan baik oleh karyawan, namun dipabrik tidak ada pelatihan karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140211 Labour Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mrs Riska Ayu Lestari
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:51
Last Modified: 21 Jun 2023 07:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24334

Actions (login required)

View Item View Item