Strategi Mempertahankan Keberlangsungan Usaha Kedai Kopi Rumahan "TumbasKopi" Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam

Anugerah, Ghovinda Dwi (2023) Strategi Mempertahankan Keberlangsungan Usaha Kedai Kopi Rumahan "TumbasKopi" Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
GHOVINDA DWI ANUGERAH_E20182085.pdf

Download (4MB)

Abstract

Di era modern sekarang ini dunia bisnis mengalami kemajuan yang sangat pesat dan dalam islam bisnis tidak menjadi suatu permasalahan, bahkan Al-Quran menjelaskan mencari rezeki dengan cara berbisnis dinamakan mencari karunia Illahi. Al-Quran juga menjelaskan bahwa bisnis merupakan pekerjaan yang menguntungkan dengan melakukan hal yang tepat dan menjalankan sesuai dengan syariat islam. Pesatnya dunia bisnis ini menjadikan tantangan tersendiri bagi pelaku usahanya untuk tetap eksis dalam mempertahankan keberlangsungan usahanya. Hal ini bisa dilakukan dengan menerapkan strategi-strategi, seperti menerapkan strategi pemasaran guna menarik dan mempertahankan konsumen.
Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu tentang : (1) Bagaimana Strategi Pemasaran Pada Kedai Kopi TumbasKopi ? (2) Bagaimana Strategi Pemasaran Kedai Kopi Rumahan TumbasKopi Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam ?
Tujuan Penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini yaitu (1) Untuk menganalisis strategi pemasaran yang dilakukan kedai kopi rumahan TumbasKopi. (2) Untuk Menganalisis strategi pemasaran kedai kopi rumahan TumbasKopi dalam perspektif Etika Bisnis Islam.
Metode penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini penelitian kualitatif yaitu yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi langsung kepada subjek yang diteliti.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan (1) penerapan strategi pemasaran marketing mix dengan elemen 7P pada kedai TumbasKopi telah berjalan dengan baik sehingga dapat bersaing dan mempertahankan keberlangsungan usahanya. (2) dengan menerapkan prinsip etika bisnis islam yakni Tauhid, prinsip Keseimbangan, yang tidak hanya focus pada bisnis saja namun juga bisnis islam, prinsip kehendak bebas yang tidak membatasi kinerja pemilik kedai dan pertanggungjawaban pada usahanya yang telah sebagaian besar diterapkan semestinya oleh pemilik kedai atau keluarga kedai kopi rumahan TumbasKopi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Depositing User: Ghovinda Dwi Anugerah
Date Deposited: 20 Jun 2023 07:07
Last Modified: 20 Jun 2023 07:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24336

Actions (login required)

View Item View Item