Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran IPS Di MGMP Wilayah jember Timur Tahun Pelajaran 2022/2023

Permata Sari, Nadia (2023) Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran IPS Di MGMP Wilayah jember Timur Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nadia Permata Sari_T20189066.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nadia Permata Sari, 2023: Kreativitas Guru dalam Pembelajaran IPS di MGMP Wilayah Jember Timur Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Kreativitas Guru, Mata Pelajaran IPS

Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran yaitu pada saat proses pembelajaran mayoritas guru masih menggunakan metode ceramah yang hanya berpusat pada guru. Pada saat pembelajaran berlangsung guru hanya menerangkan dan siswa mendengarkan. Sehingga membuat siswa merasa jenuh dan bosan. Terdapat juga beberapa siswa yang tidak memperhatikan sehingga membuat kelas menjadi gaduh dan tidak kondusif. Oleh karena itu pembelajaran perlu dibuat lebih kreatif dari yang sebelumnya masih berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang lebih aktif. Solusi untuk mengatasi permasalahan di atas yaitu guru harus lebih kreatif dengan menerapkan beberapa metode pembelajaran. Guru yang kreatif adalah guru yang mampu mengaktualisasikan dan mengekspresikan secara optimal segala kemampuan yang di miliki dalam rangka membina dan mendidik siswa dengan baik.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu bagaimana kreativitas guru dalam pembelajaran IPS di MGMP Wilayah Jember Timur Tahun Pelajaran 2022/2023?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bentuk kreativitas guru dalam pembelajaran IPS di MGMP Wilayah Jember Timur Tahun Pelajaran 2022/2023.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini termasuk dalam kategori pendekatan kualitatif, sebab pendekatan yang dilakukan adalah melalui deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan tiga langkah yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bentuk – bentuk kreativitas guru dalam pembelajaran IPS di MGMP Wilayah Jember Timur Tahun Pelajaran 2022/2023 diantaranya: menyusun RPP, selain itu juga menggunakan beberapa metode yaitu ceramah atau tanya jawab, Think Pair Share, diskusi, presentasi, Mind Map (Peta Konsep), dan MGMP IPS. Keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPS dapat dilihat dari antusias siswa terhadap materi yang disampaikan. Ketepatan siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru, rasa ingin tahu siswa yang sangat besar terhadap materi, serta kesiapan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Nadia Permata Sari
Date Deposited: 20 Jun 2023 07:10
Last Modified: 20 Jun 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24337

Actions (login required)

View Item View Item