Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Al-Azizah Sumberbaru Jember

airy, Kusairi (2023) Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Al-Azizah Sumberbaru Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tesis_Kusairi_.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Humas Internal dan Eksternal, Peserta Didik
Hubungan masyarakat atau Public Relations adalah tatap muka (hubungan) yang terjadi antara kelompok-kelompok dalam suatu tatanan masyarakat. Manajemen humas merupakan proses yang khas dan terdiri dari tindakan-tindakan seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan humas internal dan eksternal dalam meningkatkan kuantitas peserta didik di MTs Miftahul Ulum Al-Azizah Sumberbaru Jember. 2) Bagaimana pengorganisasian humas internal dan eksternal dalam meningkatkan kuantitas peserta didik di MTs Miftahul Ulum Al-Azizah Sumberbaru Jember. 3) Bagaimana pelaksanaan humas internal dan eksternal dalam meningkatkan kuantitas peserta didik di MTs Miftahul Ulum Al-Azizah Sumberbaru Jember. 4) Bagaimana evaluasi humas internal dan eksternal dalam meningkatkan kuantitas peserta didik di MTs Miftahul Ulum Al-Azizah Sumberbaru Jember.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan perencanaan humas internal dan eksternal dalam meningkatkan kuantitas peserta didik di MTs Miftahul Ulum Al-Azizah. 2) Mendeskripsikan pengorganisasian humas internal dan eksternal dalam meningkatkan kuantitas peserta didik di MTs Miftahul Ulum Al-Azizah. 3) Mendeskripsikan pelaksanaan humas internal dan eksternal dalam meningkatkan kuantitas peserta didik di MTs Miftahul Ulum Al-Azizah. 4) Mendeskripsikan evaluasi humas internal dan eksternal dalam meningkatkan kuantitas peserta didik di MTs Miftahul Ulum Al-Azizah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian field reseach. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara mendalam dan study dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dengan model interaktif Milles Huberman dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan keabsahan data serta dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan humas dilakukan melalui rapat dengan melibatkan semua pihak. 2) Pengorganisasian humas dilakukan dengan Soliditas tim humas madrasah dengan pesantren, tokoh masyarakat, alumni dan simpatisan 3) Pelaksanaan humas dilakukan dengan membentuk tim PPDB bekerja sama dengan tim pesantren, pendelegasian siswa dan guru senior dalam kegiatan masyarakat, silaturrahmi dengan tokoh, 4) Evaluasi Humas dilakukan dengan mengadakan rapat evaluasi program apabila program yang dilaksanakan telah selesai dengan melibatkan pihak internal dan eksternal madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Kusairi airy
Date Deposited: 20 Jun 2023 07:15
Last Modified: 20 Jun 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24339

Actions (login required)

View Item View Item