Peran BUMDes dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di desa Sidomulyo kecamatan silo kabupaten Jember

Nafisah, Aisyatun (2023) Peran BUMDes dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di desa Sidomulyo kecamatan silo kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
aisyatun - watermak.pdf

Download (3MB)

Abstract

Aisyatun Nafisah, M.F. Hidayatullah. 2023:Peran BUMDes Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember.
Kata kunci : BUMDes, perekonomian masyarakat, Desa Sidomulyo
Badan Usaha Milik desa (BUMDes) adalah suatu lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa yang dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. BUMDes di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember sudah berjalan walaupun belum sebaik mungkin, di Desa Sidomulyo ini sudah mengelola apapun yang menjadi asset dan produk desa.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran BUMDes dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember? 2) Apa kendala yang terjadi pada pengelolaan BUMDes di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember? 3) Bagaimana solusi dari kendala yang terjadi pada pengelolaan BUMDes di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan peran BUMDes dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. 2) Untuk mendeskripsikan kendala yang terjadi pada pengelolaan BUMDes di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. 3) Untuk mendeskripsikan solusi dari kendala yang terjadi pada pengelolaan BUMDes di desa Sidomulyo kecamatan Silo kabupaten Jember.
Untuk mengidentifikasikan permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini bersifat deskriptif, dengan demikian hasil dari data-data yang dikumpulkan, hasil wawancara dan observasipun dijadikan analisa deskriptif yang nantinya akan mengintrepesikan dengan pembahasan yang sesuai dengan data yang di peroleh yaitu peran BUMDes dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) peran BUMDes dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember, yaitu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan, dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi masyarakat desa yang mana pada umumnya bertujuan maningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya. 2) Kendala yang terjadi pada pengelolaan BUMDes di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember yaitu SDM (sumber daya manusia) dan modal. 3) Solusi dari kendala yang terjadi pada pengelolaan BUMDes di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat dan dengan cara melakukan kerja sama dengan pemilik dana, mengetahui modal yang dibutuhkan, tetap berfikir positif, dan bersikap selektif serta berhati-hati saat meminjam uang di bank.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Depositing User: Ms Aisyatun Nafisah
Date Deposited: 20 Jun 2023 07:21
Last Modified: 20 Jun 2023 07:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24342

Actions (login required)

View Item View Item