Peran Komnas Ham Dalam Perlindungan Kekerasan Terhadap Perempuan Menurut Perpres No.65 Tahun 2005 Dan Fiqh Siyasah Syari'iyyah

Indah Anggraini, Ilma (2023) Peran Komnas Ham Dalam Perlindungan Kekerasan Terhadap Perempuan Menurut Perpres No.65 Tahun 2005 Dan Fiqh Siyasah Syari'iyyah. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Jember.

[img] Text
SKRIPSI ILMA INDAH ANGGRAINI S20193083.pdf

Download (39MB)

Abstract

Ilma Indah Anggraini, 2022 : Peran Komnas HAM dalam perlindungan kekerasan terhadap perempuan menurut Perpres No. 65 Tahun 2005 Dan Fiqh Siyasah Syar’iyyah
Kata Kunci : Komnas HAM, Perpres No. 65 tahun 2005 tentang Komnas Perempuan, Fiqh siyasah Syar’iyyah.

Adanya sebuah pelanggaran mengenai persoalann Hak asasi Manusia baik pelanggaran berat ataupun pelanggaran ringan yang juga sering di terjadi pada hak- hak perempuan, inilah yang perlu adanya sebuah upaya untuk mewujudkan nilai- nilai kemanusiaan. Dengan mengkaji mengenai persolan HAM untuk merealisasikan perlindungan ataupun pencegahan penting di bentuk sebuah instansi resmi yang dapat menjaga, melakukan pengkoordiniran terhadap pengawasan hak- hak masyarakat yakni sebuah lembaga Komnas HAM yang bekerja sama secara sinergis dengan lembaga Komnas Perempuan untuk pengawalan, melindungi atau menangani hak- hak perempuan yang saat ini masih banyak kasus atau isu pelanggaran hak perempuan. Dengan demikian jika dalam penerapanya dalam fiqh siyasah memformulasikan maqasid Al- syariah untuk mengimplementasikan tujuan dari salah satu dasar maqasid syariah yang mana hifdz nafs ( memelihara atau menjaga jiwa) islam berkewajiban untuk menjaga diri sendiri dan orang lain.
Fokus Penelitian ini adalah, 1) Bagaimana peran Komnas HAM dalam perlindungan kekerasan terhadap perempuan menurut Perpres No. 65 Tahun 2005? 2) Bagaimana peran Komnas HAM dalam perlindungan kekerasan terhadap perempuan Menurut Pandangan fiqh siyasah syar’iyyah?
Tujuan peneliitian ini adalah, 1) Mengetahui Bagaimana peran Komnas Ham dalam melakukan perlindungan kekerasan terhadap perempuan yang sesuai dengan Perpres No. 65 Tahun 2005. 2) Mengethui bagaimana pandangan fiqh siyasah terhadap peran komnas ham dalam perlindungan kekerasan terhadap perempuan.
Dalam melakukan penelitian skripsi ini menggunakan metode kepustakaan yang mana dalam melakukan penelitian menggunakan sumber informasi pada buku-buku, Jurnal, Undang- Undang- E-book dan literatur yang berkitan dengan Peran Komnas HAM, perlindungan perempuan dan mengenai tinjaun fiqh siyasah.
Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Peran Komnas HAM dalam Perpres No.65 tahun 2005 Tentang Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan berbentuk pada perlindungan preventif dan kuratif. 2) Peran Komnas HAM dalam fiqh siyasah syar’iyyah secara preventif menurut fiqih siyasah merupakan satu penerapan prinsip pendidikan, prinsip Pengawasan, dan prinsip perlindungan. Sedangkan untuk tindakan kuratif merupakan ejawantah dari prinsip keadilan, kebebasan dan pertanggung jawaban. Dan tindakan kuratif menurut fiqih siyasah dapat dilakukan dengan menerapkan hukum jinayat khususnya jarimah had pada pelakunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180114 Human Rights Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180126 Tort Law
Depositing User: Name Ilma indah Anggraini
Date Deposited: 20 Jun 2023 07:28
Last Modified: 20 Jun 2023 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24348

Actions (login required)

View Item View Item