PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK SISTEM EKSKRESI MANUSIA PADA PEMBENTUKAN URINE BERBASIS KODE QR UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI IPA MAN 2 JEMBER

'Ishmah, Nilnalminach Ziyadatul (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK SISTEM EKSKRESI MANUSIA PADA PEMBENTUKAN URINE BERBASIS KODE QR UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI IPA MAN 2 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NILNALMINACH ZIYADATUL ‘ISHMAH_NIMT20198151.pdf

Download (9MB)

Abstract

Revolusi Industri 4.0 mendorong peningkatan sumber daya manusia
dibarengi dengan mutu pendidikan. Perkembangan pendidikan dalam menghadapi
Revolusi Industri 4.0 berupa keterampilan abad 21 yang dikenal dengan 4C, salah
satu keterampilan 4C adalah keterampilan berpikir kreatif. Hasil dari wawancara
kepada guru Biologi Drs. Imam Nawawi menyatakan kemampuan berpikir kreatif
peserta didik relatif rendah dengan indikator kesulitan mengerjakan soal HOTS
salah satunya pada tema proses pembentukan urine, dan perlunya ada media yang
mampu melatih kemampuan berpikir kreatif dengan bentuk menarik dan visual.
Salah satunya media pembelajaran tersebut adalah komik yang mampu
menggambarkan mekanisme proses pembentukan urine.
Tujuan dari penelitian ini: mengembangan media pembelajaran e-komik,
mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran e-komik
sistem ekskresi manusia pada proses pembentukan urine berbasis kode qr.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA MAN 2 Jember . sampel
dipilih secara acak (cluster random sampling), dengan jumlah 2 kelas yaitu kelas
XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen.
Metode penelitian R&D (Research and Development) dengan model
pengembangan ADDIE Branch 2009 diantaranya Analysis, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
angket untuk kevalidan dan kepraktisan, tes untuk mengetahui kemampuan
berpikir kreatif peserta didik, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Desain
penelitian menggunakan Pretest Posttest Control Group Desain. Uji Hipotesis
menggunakan Uji Independent T-test.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) E-komik sistem ekskresi
manusia pada proses pembentukan urine berbasis kode qr untuk melatih
kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan menggunakan model
pengembangan ADDIE Branch (2009); (2) Kevalidan produk dari validasi ahli
media diperoleh rata-rata 93,5% dinyatakan sangat valid, dari validasi ahli materi
diperoleh rata-rata 86,2% dinyatakan sangat valid, dari validasi ahli bahasa
diperoleh rata-rata 78,8% dinyatakan sangat valid; (3) Kepraktisan produk dari uji
praktikalitas diperoleh rata-rata 98% dinyatakan sangat menarik uji coba
perorangan diperoleh rata-rata 87,6% dinyatakan sangat menarik, dan dari uji
coba lapangan diperoleh rata-rata 86,7% dinyatakan sangat menarik; (4)
Diperoleh signifikansi 0,000<0,05 yang menyatakan adanya perbedaan rata-rata
kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada kelas eksperimen yang
menggunakan produk e-komik dengan kelas kontrol tanpa menggunakan produk
e-komik.
Kata Kunci; Media Pembelajaran, Elektronic Komik, Sistem Ekeskresi,

Pembentukan Urine, Kemampuan Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060603 Animal Physiology - Systems
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 'Ishmah Nilnalminach Ziyadatul
Date Deposited: 20 Jun 2023 07:37
Last Modified: 20 Jun 2023 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24358

Actions (login required)

View Item View Item