Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum Dan Selama Pandemi Covid-19 Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Fadila Putri, Rizqi Jamil (2023) Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum Dan Selama Pandemi Covid-19 Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rizqi Jamil Fadila Putri E20193064.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Rizqi Jamil Fadila Putri, 2023 : Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum Dan Selama Pandemi Covid-19 Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
Kata Kunci: Rasio Keuangan, Kinerja Keuangan
Pandemi covid-19 memberikan dampak bagi beberapa perusahaaan salah satunya perusahaan makanan dan minuman, pertumbuhan industri makanan dan minuman berpeluang terhambat selama pandemic covid-19 berlangsung. Kinerja keuangan adalah suatu analisis yang dilakukan untuk melihat sejauh mana suatu perusahaan telah melaksanakan dengan menggunakan aturan-aturan pelaksanaan keuangan secara baik dan benar. Informasi kinerja keuangan sangat diperlukan oleh perusahaan untuk mengevaluasi dan untuk mengetahui tingkat keberhasilan suatu perusahaan pada aktivitas keuangan yang sudah dilaksanakan.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana kinerja keuangan perusahaan dilihat dari analisis Quick Ratio pada perusahaan sub sektor food and beverages yang terdaftar di BEI sebelum dan selama pandemi Covid-19? 2) bagaimana kinerja keuangan perusahaan dilihat dari analisis Debt to Assets Ratio pada perusahaan sub sektor food and beverages yang terdaftar di BEI sebelum dan selama pandemi Covid-19? 3) bagaimana kinerja keuangan perusahaan dilihat dari analisis Return on Assets pada perusahaan sub sektor food and beverages yang terdaftar di BEI sebelum dan selama pandemi Covid-19? 4) bagaimana kinerja keuangan perusahaan dilihat dari analisis Inventory Turn Over pada perusahaan sub sektor food and beverages yang terdaftar di BEI sebelum dan selama pandemi Covid-19? 5) bagaimana kinerja keuangan perusahaan dilihat dari analisis Working Capital Turn Over pada perusahaan sub sektor food and beverages yang terdaftar di BEI sebelum dan selama pandemi Covid-19?
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis laporan keuangan dengan menggunakan rasio keuangan untuk melihat kinerja keuangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Sumber data menggunakan data sekunder dengan Teknik purposive sampling. Sampel yang diambil berjumlah 16 perusahaan makanan dan minuman dalam periode 5 tahun.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) dilihat dari quick ratio kinerja keuangan perusahaan makanan dan minuman lebih baik selama covid-19. 2) dilihat dari debt to assets ratio kinerja keuangan perusahaan makanan dan minuman lebih baik selama covid-19. 3) dilihat dari return on assets kinerja keuangan perusahaan makanan dan minuman lebih baik sebelum covid-19. 4) dilihat dari inventory turnover perusahaan makanan dan minuman kinerja keuangan stabil. 5) dilihat dari working capital turnover kinerja keuangan perusahaan makanan dan minuman lebih baik sebelum covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Rizqi Jamil Fadila Putri
Date Deposited: 21 Jun 2023 08:11
Last Modified: 21 Jun 2023 08:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24363

Actions (login required)

View Item View Item