Strategi Pengembangan Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Al Qodiri Dalam Meningkatkan Penjualan Di PT.Tujuh Impian Bersama Jember

Dewi, Reza Resita (2023) Strategi Pengembangan Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Al Qodiri Dalam Meningkatkan Penjualan Di PT.Tujuh Impian Bersama Jember. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Reza Resita Dewi_E20192221.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dinamika lingkungan bisnis saat ini sangat beragam, yang berdampak pada perubahan selera pelanggan. Perubahan ini menuntut inovasi dan kreativitas setiap perusahaan agar dapat mengembangkan produknya. Produk air minum dalam kemasan Al Qodiri milik PT.Tujuh Impian Bersama Jember mewujudkan tujuan perusahaan untuk mempertahankan profitabilitasnya dengan pengembangan produk, seperti saat ini telah tersedia beragam kemasan produk botol, cup, galon dengan isi yang berbeda-beda serta pengembangan lini produk atau brand baru.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi pengembangan produk di perusahaan air minum dalam kemasan Al Qodiri PT.TIB Jember ? 2) Bagaimana dampak dari strategi pengembangan produk terhadap peningkatkan penjualan di perusahaan air minum dalam kemasan Al Qodiri PT.TIB Jember ?.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui tentang strategi pengembangan produk air minum dalam kemasan Al Qodiri PT.TIB Jember. 2) Untuk mengetahui tentang dampak dari strategi pengembangan produk terhadap peningkatan penjualan air minum dalam kemasan Al Qodiri PT.TIB Jember.
Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, serta jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di PT.Tujuh Impian Bersama dan lokasi di produksinya air minum dalam kemasan Al Qodiri di Jl.Cendrawasih No.9, Puring, Slawu, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68116. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi pengembangan produk air minum dalam kemasan (AMDK) Al Qodiri di PT.Tujuh Impian Bersama Jember dilakukan dengan melakukan inovasi baru terhadap kemasan produk, mengembangkan ide, serta menjaga dan meningkatkan kualitas produk. Selain itu, juga terus mengembangkan dan meningkatkan strategi produk yang sudah ada serta menambah lini produk baru. Strategi peningkatan kualitas, strategi peningkatan keistimewaan produk, dan strategi peningkatan gaya produk, selain strategi juga ada pengembangan second product atau brand air minum dalam kemasan Jember City (JC). 2) Dampak dari strategi pengembangan produk air minum dalam kemasan (AMDK) Al Qodiri PT.Tujuh Impian Bersama Jember mengalami peningkatan pada target produksi yang juga diikuti dengan peningkatan penjualan. Dampak dari penambahan kemasan produk dan produk lain berpengaruh terhadap tingkat produksi dan penjualan produk. Konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, dan konsep pemasaran holistik untuk mengukur dampak dari strategi pengembangan produk yang dilakukan oleh perusahaan.
Kata Kunci : Strategi, Pengembangan Produk, Air Minum Dalam Kemasan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Reza Resita
Date Deposited: 21 Jun 2023 08:15
Last Modified: 21 Jun 2023 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24367

Actions (login required)

View Item View Item