Peran Dan Kontribusi Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Baank Mandiri Unit Genteng Kabupaten Banyuwangi

Ningrum, Nindhi Fitria (2023) Peran Dan Kontribusi Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Baank Mandiri Unit Genteng Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Nindhi Fitria Ningum_E20191117.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program dari pemerintah dalam rangka memberdayakan UMKM. Program ini bekerja sama dengan bank-bank, salah satunya adalah Bank Mandiri, yang ikut dalam perkembangan UMKM melalui Program KUR.Jadi, untuk KUR di Bank Mandiri Unit Genteng terhadap UMKM yaitu indikatornya menggunakan peran dan kontribusi.
Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank Mandiri Unit Genteng? (2) Bagaimana peran dan kontribusi Kredit Usaha Rakyat (KUR) terhadap peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Bank Mandiri Unit Genteng?.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui proses pemberian KUR di Bank Mandiri Unit Genteng (2) Mengkaji secara lebih peran dan kontribusi Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank Mandiri dan mengkaji perbedaan perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebelum dan sesudah menerima dana dari KUR itu sendiri.
Adapun penelitian ini yang digunkan adalah penelitian kulitaif lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis data deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, keabsahan diuji dengan menggunakan triangulasi dan bahan referensi.
Hasil dari penelitian yang didapatkan yaitu (1) Penyaluran Kredit Usaha Rakyat pada Bank Mandiri Unit Genteng melalui beberapa tahap yaitu tahap permohonan dan pemrakarsa kredit, tahap analisis kredit/tahap pemeriksaan, tahap pemberian keputusan kredit dan tahap pencairan kredit (2) Peran dan Kontribusi pembiayaan KUR terhadap UMKM di Bank Mandiri Unit Genteng dapat meningkatkan produktivitas UMKM. Dengan bantuan modal dapat meningkatkan jumlah produksinya untuk meningkatkan produktivitas UMKM.
Kata Kunci : Modal, Omzet, Keuntungan, KUR, UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Nindhi Fitria Ningrum
Date Deposited: 21 Jun 2023 08:17
Last Modified: 21 Jun 2023 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24368

Actions (login required)

View Item View Item