Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII di MTsN 12 Banyuwangi

Bariroh, Washilatul (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII di MTsN 12 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Washilatul Bariroh_T20197129.pdf

Download (33MB)

Abstract

Semakin maju dan pesatnya perkembangan zaman terutama dibidang ilmu, pengetahuan serta teknologi, tentunya pendidikan harus mengikuti alur supaya tidak terbelakang sehingga dapat menghasilkan pembelajaran yang mudah diterima oleh pserta didik. Tujuan diadakannya eksperimen penggabungan dua model pembelajaran diantaranya discovery learning dengan STEM ini untuk menganalisis kemampuan berpikir logis matematis peserta didik. Penelitian ini dilakukan di kelas VII excellent MTsN 12 Banyuwangi dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif menggunakan desain penelitian One Shot Case Study. Adapun teknik yang digunakan ialah melakukan pembelajaran discovery learning berbasis STEM, tes logis matematis, wawancara. Pelaksanaan pembelajaran melalui model discovery learning berbasis STEM dilakukan sesuai dengan sintaks discovery learning yang digabungkan dengan sintaks STEM. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan berpikir logis matematis peserta didik setelah mengerjakan 2 soal aritmatika sosial yang berbasis STEM. Pada soal pertama yang mencapai indikator 1 saja mencapai 0%, indikator 2 mencapai 0%, indikator 3 mencapai 100% yang berarti seluruh peserta didik mampu memenuhi ketiga indikator. Pada soal nomor 2, yang tidak mencapai ketiga indikator mencapai 28% sejumlah 8 peserta didik, mencapai indikator 1 saja 21% sejumlah 6 peserta didik, mencapai indikator 2 saja 34% sejumlah 10 peserta didik, yang mencapai ketiga indikator 17% sejumlah 5 peserta didik.Kata Kunci: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Logis Matematis, STEM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010207 Theoretical and Applied Mechanics
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010399 Numerical and Computational Mathematics not elsewhere classified
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms washilatul Bariroh
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:32
Last Modified: 22 Jun 2023 03:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24377

Actions (login required)

View Item View Item