Lestari, Indah Dwi (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN TABUNGAN EASY MUDHARABAH DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP KENCONG. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
INDAH DWI LESTARI _E20181172-1.pdf Download (3MB) |
Abstract
Indah Dwi Lestari, Dr. Hj. Nurul Setianingrum, S.E., M.M.: Strategi Pengembangan Tabungan Easy Mudharabah Dengan Pendekatan Business Model Canvas Pada Bank Syariah Indonesia KCP Kencong
Lingkungan bisnis dan teknologi mengalami perubahan dalam penggunaan, lingkungan ekonomi makro dan mikro pada zaman pasar berkembang sekarang. Perubahan perilaku konsumen pada tiap waktu dan adanya persaingan di semua sektor, mengharuskan perusahaan dapat bersaing dalam pasar tersebut agar bisa mempertahankan usahanya. Perusahaan tidak hanya fokus pada penjualan produk dan keuntungan saja, tetapi juga perusahaan harus memahami kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas akan menciptakan loyalitas sehingga pelanggan akan terus membeli produk dan perusahaan bisa mendapatkan keuntungan
Dalam skripsi ini, peneliti mengambil fokus: 1) Bagaimana penerapan strategi pengembangan pada Tabungan Easy Mudharabah dengan menggunakan Business Model Canvas?. 2) Bagaimana implikasi strategi pengembangan pada Tabungan Easy Mudharabah dengan menggunakan Business Model Canvas?. Adapun Tujuan dari penulisan Skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana Business Model Canvas yang dapat diterapkan BSI Tabungan Easy Mudharabah. 2) Untuk mengetahui bagaimana implikasi strategi pengembangan pada Tabungan Easy Mudharabah dengan menggunakan Business Model Canvas.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi yang diambil dalam penelitian ini bertempat di kantor PT. Bank Syariah Indonesia KCP Kencong, dengan mengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan gabungan atau triangulasi. Dan metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini adalah: 1) Value proposition BSI KCP Kencong: Biaya admin murah, fasilitas e-channel, bagi hasil. 2) Customer segment: Target pelanggan Tabungan Easy Mudharabah. 3) Channel: Website dan personal selling sebagai media komunikasi dengan pelanggan. 4) Customer relationship: Pegawai BSI KCP Kencong memberikan pelayanan ramah untuk menjaga hubungan baik dengan nasabah. 5) Revenue stream: Pendapatan dari biaya admin dan bagi hasil. 6) Key partners: Pegawai BSI KCP Kencong sebagai mitra kerja sama. 7) Key activities: Pemasaran dan pembuatan rekening Tabungan Easy Mudharabah. 8) Key resources: Pegawai BSI KCP Kencong dan E-channel sebagai sumber daya utama. 9) Cost structure: Biaya promosi dan operasional dalam kegiatan pemasaran.
Kata Kunci: Business Model Canvas, strategi pengembangan, Tabungan Easy
Mudharabah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms. Indah Dwi Lestari |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 09:18 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 09:18 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24391 |
Actions (login required)
View Item |