Implementasi fungsi manajemen dakwah dalam mensejahterakan anak asuh di muhammadiyah children center (lembaga kesejahteraan sosial anak) nurul husna Kecamatan Patrang Kabupaten Jember

Setiyono, Muhammad Imamuddin (2023) Implementasi fungsi manajemen dakwah dalam mensejahterakan anak asuh di muhammadiyah children center (lembaga kesejahteraan sosial anak) nurul husna Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Imamuddin Setiyono_D20194029.pdf

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Imamuddin Setiyono, 2023: Implementasi Fungsi Manajemen Dakwah dalam Mensejahterakan Anak Asuh di Muhammadiyah Children Center (lembaga kesejahteraan sosial anak) Nurul Husna Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.

Kata kunci: Fungsi manajemen dakwah; anak asuh; lembaga kesejahteraan sosial anak

Yatim piatu merupakan bagian warga negara yang memiliki kewajiban dan hak yang sama dengan masyarakat umumnya dalam hal perlindungan, pendidikan maupun dalam hal penghidupan kesehariannya. Merawat serta melindungi anak bukanlah kewajiban orang tua biologisnya saja, akan tetapi menjadi kewajiban kita semua sebagai umat manusia.

Fokus dari permasalahan ini di fokuskan pada: 1) Bagaimana implementasi fungsi manajemen dakwah dalam mensejahterakan anak asuh di Muhammadiyah Children Center (LKSA) Nurul Husna Kecamatan Patrang Kabupaten Jember? 2) Apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan pengurus dalam mengimplementasikan fungsi manajemen dakwah dalam mensejahterakan anak asuh di Muhammadiyah Children Center (LKSA) Nurul Husna Kecamatan Patrang Kabupaten Jember? 3) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan fungsi manajemen dakwah dalam mensejahterakan anak asuh di Muhammadiyah Children Center (LKSA) Nurul Husna Kecamatan Patrang Kabupaten Jember?

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertempat di Muhammadiyah Children Center (LKSA) Nurul Husna Kecamatan Patrang kabupaten Jember. Analisis data dalam skripsi ini menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan data penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber, teknik dan waktu.

Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Implementasi perencanaan dakwah yaitu menetapkan program strategis yang mengacu pada visi lembaga, kemudian menetapkan target atau sasaran. 2 ) Implementasi pengorganisasian dakwah yaitu dengan mencari tenaga kerja, kemudian menjadwalkan pertemuan rutin atau pertemuan berkala. 3) Implementasi penggerakan dakwah yaitu dengan memberikan insentif kepada para tenaga kerja. 4) Implementasi pengendalian dan evaluasi dakwah yaitu yang pertama, dilakukan pengukuran standar pencapaian kinerja lembaga, kemudia melakukan evaluasi kinerja dilakukan melalui rapat. 5) Faktor pendukung dalam mengimplementasi yaitu, adanya dukungan dari masyarakat, memberikan dukungan kepada tenaga kerja, sikap terbuka pengurus dan pengasuh, serta adanya donatur. 6) Sedangkan faktor penghambatnya yaitu pemahaman internal dari setiap bidang yang sulit menyatu, belum ada support dari pemerintah, para pengurus belum komitmen dalam mengemban amanah, serta belum menerapkan reward dan punishment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhammad Imamuddin Setiyono
Date Deposited: 21 Jun 2023 08:40
Last Modified: 21 Jun 2023 08:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24397

Actions (login required)

View Item View Item