Pelaksanaan Konseling Dalam Mengatasi Trauma Anak Korban Kekerasan Di Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan Dan Anak (UPTD PPA) Kabupaten Jember

HASANAH, IRADATUL (2023) Pelaksanaan Konseling Dalam Mengatasi Trauma Anak Korban Kekerasan Di Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan Dan Anak (UPTD PPA) Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IRADATUL HASANAH_D20193102.pdf

Download (1MB)

Abstract

Iradatul Hasanah, 2023: Pelaksanaan Konseling Dalam Mengatasi Trauma Anak Korban Kekerasan Di Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Kabupaten Jember.

Kata kunci : Konseling, Korban Kekerasan, Konselor

Kasus kekerasan saat ini marak terjadi, saat ini anak-anak sering menjadi korban kekerasan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kekerasan yang sering terjadi yakni kekerasan fisik, psikis, seksual, dan juga penelantaran anak. Meskipun sudah ada UU No. 23 tahun 2022 Pasal 4 Ayat 1 yang mengatur Tentang Perlindungan Anak, tetap saja kasus kekerasan terhadap anak semakin berkembang dan tidak ada perubahan. Seseorang yang menjadi korban kekerasan pastinya akan mengalami rasa trauma dan UPTD PPA Kabupaten Jember memiliki layanan konseling bagi korban kekerasan terhadap anak, layanan konseling merupakan penanganan yang tepat untuk mengatasi rasa trauma dan ingin menghilangkannya.
Fokus penelitian ini ialah : (1) Bagaimana kondisi fisik dan psikis korban pada saat datang ke UPTD PPA Kabupaten Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan konseling yang diberikan oleh konselor dalam usahanya untuk mengatasi trauma anak korban kekerasan dan bagaimana dampak/hasil pelaksanan konseling yang diberikan oleh konselor dalam usahanya untuk mengatasi trauma anak korban kekerasan di UPTD PPA Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini ialah : (1) Bagaimana kondisi fisik dan psikis korban pada saat datang ke UPTD PPA Kabupaten Jember (2) Bagaimana pelaksanaan konseling yang diberikan oleh konselor dalam usahanya untuk mengatasi trauma anak korban kekeran dan bagaimana dampak/hasil pelaksanan konseling yang diberikan oleh konselor dalam usahanya untuk mengatasi trauma anak korban kekerasan di UPTD PPA Kabupaten Jember.
Metode penelitian yang digunakan ialah dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi di lapangan, serta menggunakan teknik triangulasi yakni triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian yakni adanya perubahan pada pola prilaku anak, dimana sebelum melakukan proses konseling anak merasa ketakutan dan merasa cemas apabila berbicara dengan orang asing serta menarik diri dari lingkungan sosial. Namun setelah anak menjalani proses konseling didapatkan hasil bahwa rasa trauma pada anak semakin berkurang, anak sudah mulai percaya diri lagi, adanya perubahan pada psikologis anak dan proses persidangan berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170299 Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Skripsi Iradatul Hasanah
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:59
Last Modified: 22 Jun 2023 03:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24404

Actions (login required)

View Item View Item