PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT TIPE CAMPER DAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KALIBARU BANYUWANGI

Jannah, Silviatul (2023) PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT TIPE CAMPER DAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KALIBARU BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi SILVIATUL JANNAH_T20197131.pdf

Download (22MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah ajabar berdasarkan adversity quotient tipe camper dengan masing-masing bergaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendeketan kualitatif deskriptif. Lokasi yang digunakan adalah Sekolah Menengah Pertama kelas VIII. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan 6 subjek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket adversity quotient untuk menentukan subjek dengan adveristy quotient tipe camper dan angket gaya belajar, tes penyelesaian masalah, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah (1) subjek dengan adversity quotient tipe camper bergaya belajar visual dapat melakukan proses berpikir kritis dengan sangat baik mulai dari interpretasi, analisis, evaluasi,inferensi, eksplanasi, dan regulasi diri (2) subjek dengan adversity quotient tipe camper bergaya belajar auditori dapat melakukan proses berpikir kritis dengan baik mulai dari interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi dan eksplanasi namun subjek tidak melakukan regulasi diri (3) subjek dengan adversity quotient tipe camper bergaya belajar kinestetik dapat melakukan proses berpikir kritis dengan cukup baik, mampu melakukan proses analisis, evaluasi, dan inferensi namun tidak mampu melakukan interpretasi, eksplanasi, dan regulasi diri.
Kata Kunci : Proses Berpikir Kritis, Menyelesaikan Masalah Matematika, Adversity Quotient, Gaya Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010110 Partial Differential Equations
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: SKRIPSI Silviatul Jannah
Date Deposited: 21 Jun 2023 08:48
Last Modified: 21 Jun 2023 08:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24408

Actions (login required)

View Item View Item