Implementasi Pembelajaran Inklusif Anak Berkebutuhan Khusus Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMPN 3 Tempurejo Jember

Mahfudloh, Wardatul (2023) Implementasi Pembelajaran Inklusif Anak Berkebutuhan Khusus Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMPN 3 Tempurejo Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wardatul Mahfudloh_T20191084.pdf

Download (3MB)

Abstract

Wardatul Mahfudloh, 2023: Implementasi Pembelajaran Inklusif Anak Berkebutuhan Khusus Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 3 Tempurejo Jember.

Kata Kunci: Pembelajaran Inklusif, Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

​Setiap manusia memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yaitu kepada Anak Berkebutuhan Khusus. Penerimaan dalam kegiatan pembelajaran kepada Anak Berkebutuhan Khusus untuk mengembangkan kemampuan. Oleh karena itu lembaga pendidikan memberikan layanan kepada Anak Berkebutuhan Khusus dengan menerapkan pembelajaran inklusif di kelas reguler.

​Fokus penelitian yang diteliti adalah: Bagaimana perencanaan pembelajaran inklusif bagi anak berkebutuhan khusus pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 3 Tempurejo JemberJember?, bagaimana implementasi pembelajaran inklusif bagi anak berkebutuhan khusus pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 3 Tempurejo JemberJember?, apa faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pembelajaran inklusif bagi anak berkebutuhan khusus pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 3 Tempurejo JemberJember?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran inklusif bagi anak berkebutuhan khusus pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 3 Tempurejo JemberJember, untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran inklusif bagi anak berkebutuhan khusus pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 3 Tempurejo JemberJember, untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pembelajaran inklusif bagi anak berkebutuhan khusus pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 3 Tempurejo JemberJember. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi non partisipatif dan wawancara semi terstruktur. Analisis yang digunakan ada tiga yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.

​Kesimpulan yang diperoleh1) Perencanaan pembelajaran inklusif di SMPN 3 Tempurejo Jember yaitu membuat RPP seperti sekolah reguler. Rancangan pembelajaran individual dibuat dengan format sendiri. 2) Pembelajaran inklusif dilaksanakan pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti yang didalam kelas menerapkan peer tutorial saat pembelajaran dikelas dan menerapkan pembelajaran individual. 3) Faktor penghambat yaitu: Sebagian teman ABK yang kurang menerima, sarana dan prasarana kurang memenuhi,dan orang tua yang kurang memberikan pengertian faktor pendukung: Guru dan siswa yang semangat melaksanakan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Wardatul Mahfudloh
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:59
Last Modified: 23 Jun 2023 03:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24409

Actions (login required)

View Item View Item