Hubungan Antara Pemahaman pada Materi Perubahan Lingkungan dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Gambiran Banyuwangi

Utami, Endah Sri (2023) Hubungan Antara Pemahaman pada Materi Perubahan Lingkungan dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Gambiran Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Endah Sri Utami T20198041.pdf

Download (7MB)

Abstract

Endah Sri Utami, 2023. Hubungan Antara Pemahaman pada Materi Perubahan Lingkungan dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Gambiran Banyuwangi.
Kata kunci : Pemahaman, perubahan lingkungan, sikap peduli lingkungan.
Permasalahan terkait dengan kepedulian lingkungan hingga saat ini masih menjadi hal serius yang harus diperhatikan. Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 1 Gambiran Banyuwangi didapatkan masih adanya siswa yang tidak bisa membedakan antara sampah organik dan anorganik sehingga kebanyakan siswa membuang sampah tidak sesuai pada tempatnya, dan setelah selesai proses pembelajaran masih terlihat adanya lampu dan kipas di ruang kelas yang ditinggalkan dalam keadaan menyala. Dari adanya permasalahan tersebut maka diperlukan sebuah penyelesaian. Adapun upaya untuk meningkatkan kepedulian lingkungan yaitu melalui pembelajaran formal. Pembelajaran materi perubahan lingkungan pada mata pelajaran biologi dengan KD 3.11 yang diberikan akan meningkatkan pemahaman siswa terkait kepeduliaan terhadap lingkungan.
Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mendeskripsikan pemahaman siswa pada materi perubahan lingkungan kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Gambiran Banyuwangi. 2) Untuk mendeskripsikan sikap peduli lingkungan siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Gambiran Banyuwangi. 3) Untuk mengetahui hubungan antara pemahaman pada materi perubahan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Gambiran Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional non eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Gambiran Banyuwangi yang berjumlah 179 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan hasil tes pemahaman pada materi perubahan lingkungan dan angket dengan skala Likert. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Product Moment.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian, menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara pemahaman pada materi perubahan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Gambiran Banyuwangi. Hal tersebut bisa diketahui dari perolehan t hitung (1,746) < t tabel (1,960) yang artinya Ha ditolak dan H0 diterima. Selain itu juga dapat dilihat dari keeratan hubungan antara ke dua variabel diperoleh nilai koefisien korelasi 0,145 yang terletak pada interval 0,00-0,199 yang artinya keeratan hubungan tergolong sangat lemah. Jadi, tinggi rendahnya tingkat pemahaman siswa tidak menjamin adanya perubahan sikap siswa. Sehingga terjadinya perubahan sikap dapat terealisasi oleh adanya pembiasaan yang sering diterapkan yang pada akhirnya membentuk kebiasaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Utami Endah Sri
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:25
Last Modified: 22 Jun 2023 06:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24419

Actions (login required)

View Item View Item