Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Literasi Sains pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X IPA di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

A'yuni, Qurrotul (2023) Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Literasi Sains pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X IPA di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Qurrotul A’yuni _T20198048-1.pdf

Download (12MB)

Abstract

Qurrotul A’yuni, 2023: Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Literasi Sains pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X IPA di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata kunci: Buku Saku, Digital, Literasi Sains, Perubahan Lingkungan
Salah satu faktor rendahnya mutu pendidikan sains di Indonesia adalah pengabaian proses literasi sains dalam pembelajaran. Literasi sains merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi segala perkembangan di abad 21. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi dan analisis permasalahan serta kebutuhan siswa kelas X IPA di MAN 2 Jember menunjukkan bahwa siswa kelas X memiliki kemampuan literasi sains yang rendah dan membutuhkan variasi bahan ajar yang efektif, berisi materi yang singkat dan jelas, berisi banyak gambar, berisi contoh nyata yang ada di lingkungan sekitar serta berbentuk digital.
Tujuan penelitian ini adalah: 1)Mendeskripsikan kevalidan buku saku digital berbasis literasi sains pada materi perubahan lingkungan kelas X IPA di MAN 2 Jember. 2)Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap buku saku digital berbasis literasi sains pada materi perubahan lingkungan kelas X IPA di MAN 2 Jember. 3)Mendeskripsikan keefektifan buku saku digital berbasis literasi sains pada materi perubahan lingkungan kelas X IPA di MAN 2 Jember.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate. Subjek uji coba pada penelitian ini meliputi 2 dosen sebagai validator ahli media, 2 dosen sebagai validator ahli materi, 1 dosen sebagai validator ahli bahasa dan 1 guru biologi sebagai validator pengguna serta siswa dari kelas X IPA 2 dan X IPA 3. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar angket dan lembar soal tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Hasil validasi ahli media memperoleh presentase rata-rata sebesar 93% dengan kategori sangat valid, hasil validasi ahli materi memperoleh presentase rata-rata sebesar 92,22% dengan kategori sangat valid, hasil validasi ahli bahasa memperoleh presentase rata-rata sebesar 97% dengan kategori sangat valid, hasil validasi guru biologi memperoleh presentase sebesar 87% dengan kategori sangat valid. 2)Hasil uji respon siswa memperoleh presentase rata-rata sebesar 92,73% dengan kategori sangat praktis. 3)Terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan buku saku digital berbasis literasi sains dengan hasil uji N-gain sebesar 0,77 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku saku digital berbasis literasi sains pada materi perubahan lingkungan kelas X IPA di MAN 2 Jember sangat valid, sangat praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Qurrotul Qurrotul A'yuni
Date Deposited: 22 Jun 2023 05:27
Last Modified: 22 Jun 2023 05:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24420

Actions (login required)

View Item View Item