Manajemen Kesiswaan dalam Mereduksi Perilaku Bullying di MTsN 3 Banyuwangi

Khusna Amalia, Adilla (2023) Manajemen Kesiswaan dalam Mereduksi Perilaku Bullying di MTsN 3 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Adilla Khusna Amalia_T20193065.pdf

Download (25MB)

Abstract

Maraknya kasus perundungan hingga kekerasan yang terjadi pada anak usia madrasah sekarang ini sangat memprihatinkan. Madrasah yang seharusnya menjadi tempat nyaman dan aman untuk siswa menuntut ilmu, siapa sangka justru menjadi tempat tumbuhnya praktek perilaku bullying. Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi merupakan salah satu madrasah yang telah melakukan pembinaan untuk mereduksi perilaku bullying melalui manajemen kesiswaan yang dilakukan lewat kegiatan kurikuler dan pengoptimalan layanan khusus BK.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana manajemen kesiswaan dalam mereduksi perilaku bullying verbal di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi?; 2) Bagaimana manajemen kesiswaan dalam mereduksi perilaku bullying fisik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi?; 3) Bagaimana manajemen kesiswaan dalam mereduksi perilaku bullying sosial di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan manajemen kesiswaan dalam mereduksi perilaku bullying verbal di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi?; 2) Untuk mendeskripsikan manajemen kesiswaan dalam mereduksi perilaku bullying fisik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi?; 3) Untuk mendeskripsikan manajemen kesiswaan dalam mereduksi perilaku bullying sosial di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus deskriptif. Pemilihan subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Praktek bullying verbal yang pernah terjadi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi adalah menghina dan mengolok-olok nama panggilan, pembinaan yang dilakukan adalah membangun chemistry antara guru dengan siswa, permainan kartu, dan pendekatan secara personal kepada siswa. 2) Praktek bullying fisik yang pernah terjadi adalah memukul dan menendang, pembinaan yang dilakukan adalah permainan kartu lindung bullying, konseling secara rutin ke BK, dan kerjasama langsung dengan pihak kepolisian. 3) Praktik bullying sosial yang pernah terjadi adalah dikucilkan dari pergaulan, upaya pembinaan yang dilakukan adalah dengan pendekatan secara personal kepada siswa, permainan kartu dan konseling rutin ke BK.

Kata kunci: Manajemen kesiswaan, Mereduksi, Perilaku bullying

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Adilla Khusna Amalia
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:27
Last Modified: 22 Jun 2023 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24422

Actions (login required)

View Item View Item