Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Islam terpadu Syarif Hidayatullah Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2022-2023

Zamzam, Jazirotu (2024) Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Islam terpadu Syarif Hidayatullah Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2022-2023. Masters thesis, Pascasarjana uinkhas jember.

[img] Text
JAZIROTU ZAMZAM_213206030009.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Jazirotu Zamzam, 2023. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Media Visual Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Islam Terpadu Syarif Hidayatullah Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2022/2023”.
Pembimbing 1_Dr. H. Sukarno, M.Si. dan Pembimbing 2_Dr. Hj. Fathiyaturrahmah, M.Ag.

Kata Kunci: Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Media Audio Visual

Dalam dunia lembaga pembelajaran tidak luput dari seorang pendidik untuk menyampaikan kajian materi dan memiliki strategi dalam menyampaikan materi untuk mempermudah siswa memahami materi.

Fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan visual dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII dalam aspek kognitifdi SMP Islam Terpadu Syarif Hidayatullah Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan audio visual dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII dalam aspek afektif di SMP Islam Terpadu Syarif Hidayatullah Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 ? 3) Bagaimana strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan visual dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII dalam aspek psikomotorik di SMP Islam Terpadu Syarif Hidayatullah Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan melalui dua siklus, setiap siklus dilaksanakan mengikuti prosedur Perencanaan (Planning),Tindakan (Acting), Pengamatan (Observing) dan Refleksi (Reflecting). Analisis data prestasi belajar pada aspek kognitif dari setiap siklus menggunakan Gain Skor. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan tes.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan media Visual Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Dalam Aspek Kognitif: untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan memberikan materi yang telah direncanakan secara struktur dan memperiapkan media sebagai bahan ajar, disini menggunakan LCD dan pengeras suara antara lain yang ditayangkan ialah power point yang berisikan materi pembahasan dan video yang berkaitan dengan materi. 2) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan media Visual Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Dalam Aspek Afektif: strategi yang digunakan untuk meningkatkan dalam ranah afektif, selain menggunakan madia audio visual sebagai penyampaian materi, guru juga memberikan tugas yang berbentuk kelompok dan materi makanan halal yang menarik serta peraturan didalam kelas selama kegiatan belajar berlangsung bertujuan siswa terbiassa disiplin pada saat belajar. 3) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan media Visual Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Dalam Aspek psikomotorik. Stretegi guru dengan memberikan contoh cara makan yang baik menurut agama yang di tayangkan disaat kegiatan pembelajaran berlangsung melalui LCD. Sehingga siswa mengamati secara langsung dan dapat mempraktekkan sehari-hari dan melalui motivasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Depositing User: Jazirotu zamzam Pai
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:23
Last Modified: 22 Jun 2023 06:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24425

Actions (login required)

View Item View Item