Manajemen Pembinaan Akhlak Santri Baru di Pondok Pesantren Al-Anwari Kertosari Kabupaten Banyuwangi

Syahbana, Habibi Ali (2023) Manajemen Pembinaan Akhlak Santri Baru di Pondok Pesantren Al-Anwari Kertosari Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
REVISI Habibi Ali Syahbana(D20194034) Revisi Skripsi alhamdulillah.pdf

Download (21MB)

Abstract

Habibi Ali Syahbana, 2023 : “Manajemen Pembinaan Akhlak Santri Baru Di Pondok Pesantren Al-Anwari Kertosari Kabupaten Banyuwangi”

Kata Kunci : Manajemen, Pembinaan Akhlak, Santri Baru

Sangat penting untuk mulai mengajarkan akhlak kepada santri sejak usia dini. Pesantren Al-Anwari Kertosari memiliki santri dari berbagai latar belakang dan kondisi yang menimbulkan permasalahan salah satunya akhlak santri yang kurang baik seperti tidak sopan kepada ustadz atau ustadzah, melanggar peraturan pesantren contohnya keluar pesantren tanpa izin, membawa HP, dll. Oleh karena itu, pembinaan akhlak merupakan salah satu pondasi penting dalam membentuk manusia yang berakhlak mulia.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen pembinaan akhlak santri baru di Pondok Pesantren Al-Anwari Kertosari Kabupaten Banyuwangi, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlak santri baru.
Penulis menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik untuk menguji keabsahan data.
Penelitian ini menunjukkan Manajemen Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Al-Anwari Kertosari terkait dengan fungsi manajemen meliputi Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (Pelaksanaan), Controlling (Pengawasan). Sedangkan faktor-faktor pendukung dan penghambat yang harus dihadapi Pesantren Al-Anwari Kertosari yaitu faktor pendukung dari kabbiru tangan kanan romo nyai dan warga sekitar, faktor penghambat dari pengurus yang kurang optimal dalam menjalankan tugas di pondok pesantren karena sering kali berbenturan dengan urusan pribadinya dan pengaruh pertemanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169905 Studies of Pacific Peoples' Societies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Habibi Ali Syahbana
Date Deposited: 21 Jun 2023 09:08
Last Modified: 21 Jun 2023 09:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24431

Actions (login required)

View Item View Item