Implementasi Program Ekstrakurikuler Keagamaan Sebagai Upaya Pembentukan Nilai Karakter Religius dan Tanggung Jawab Siswa di MA Al-Mubarok Gilimanuk Tahun Pelajaran 2022/2023

Setyo Hidayah, Rizka (2023) Implementasi Program Ekstrakurikuler Keagamaan Sebagai Upaya Pembentukan Nilai Karakter Religius dan Tanggung Jawab Siswa di MA Al-Mubarok Gilimanuk Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
SKRIPSI RIZKA SETYO HIDAYAH FIX UP DIGILIB.pdf

Download (7MB)

Abstract

Rizka Setyo Hidayah, 2023: Implementasi Program Ekstrakurikuler Keagamaan Sebagai Upaya Pembentukan Nilai Karakter Religius dan Tanggung Jawab Siswa Di MA Al-Mubarok Gilimanuk Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci :Implementasi Program Ekstrakurikuler Keagamaan, Pembentukan Nilai Karakter Religius dan Tanggung Jawab, MA Al-Mubarok Gilimanuk.
Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan merupakan salah satu upaya untuk mengajarkan siswa pola perilaku yang baik, mencapai tujuan yang tentunya tidak cukup hanya memberikan ilmu, tetapi juga penting untuk melatih sedikit demi sedikit melalui latihan agar dapat tertanam dalam diri siswa dan menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Guru Madrasah Aliyah Al-Mubarok Gilimanuk berupaya untuk membentuk karakter siswa melalui kegiatan pembelajaran akan tetapi masih banyak siswa yang kurang dalam nilai religius dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas dan lain-lain, sehingga dibentuklah program ekstrakurikuler keagamaan ini.
Tujuan penelitian ini: 1) Mendeskripsikan implementasi program ekstrakurikuler keagamaan sebagai upaya pembentukan nilai karakter religius dan tanggung jawab siswa di MA Al-Mubarok Gilimanuk tahun pelajaran 2022/2023, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi program ekstrakurikuler keagamaan sebagai upaya pembentukan nilai karakter religius dan tanggung jawab siswa di MA Al-Mubarok Gilimanuk tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Kesimpulan bahwa: 1) implementasi program ekstrakurikuler keagamaan dilaksanakan dengan beberapa kegiatan diantaranya yaitu (a) Pembiasaan sholat duha dan duhur berjamaah, (b) Baca Tulis Al-Qur’an yang terdiri dari tiga kelas yakni Iqra, Al-Qur’an dan Kitab, (c) Jum’at Berkah yaitu 4 kegiatan yakni istigosah bersama, senam bersama, pembiasaan pembacaan yasin dan tahlil, kebersihan bersama. 2) Faktor pendukungnya: (a) adanya kerjasama yang baik antar kepala sekolah, guru dan siswa, (b) tersedianya sarana dan prasrana yang cukup memadai, (c) adanya semangat pada diri siswa, (d) penerapan hukuman bagi siswa terlambat. faktor penghambatnya antara lain: (a) kurang disiplinnya siswa laki-laki, (b) jarak Rumah, (c) kesulitan siswa dalam menghafal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizka Setyo Hidayah
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:54
Last Modified: 22 Jun 2023 03:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24433

Actions (login required)

View Item View Item