EKSPLORASI PROSES BERPIKIR FUNGSIONAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARISAN DAN DERET ARITMETIKA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PADA SISWA KELAS XI SMA NURIS JEMBER

Soraya, Ucik (2023) EKSPLORASI PROSES BERPIKIR FUNGSIONAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARISAN DAN DERET ARITMETIKA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PADA SISWA KELAS XI SMA NURIS JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
T20197101_Skripsi UCIK SORAYA watermak.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ucik Soraya, 2023: Eksplorasi Proses Berpikir Fungsional dalam Menyelesaikan
Masalah Barisan dan Deret Aritmetika Ditinjau dari Self-Efficacy pada Siswa
Kelas XI SMA Nuris Jember
Kata Kunci: Berpikir Fungsional, Menyelesaikan Masalah, Barisan dan Deret
Aritmetika, Self-Efficacy
Self-Efficacy atau efikasi diri merupakan keyakinan terhadap kemampuan
yang dimiliki diri sendiri untuk berhasil dalam menghadapi suatu masalah. Dalam
suatu kelas tentunya kemampuan efikasi yang dimiliki oleh siswa pastilah
berbeda-beda. Efikasi diri juga dapat mempengaruhi proses berpikir siswa dalam
menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
medeskripsikan: 1) Proses berpikir fungsional dalam menyelesaikan masalah
barisan dan deret aritmetika siswa kelas XI dengan self-efficacy tinggi. 2) Proses
berpikir fungsional dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmetika
siswa kelas XI dengan self-efficacy sedang. 3) Proses berpikir fungsional dalam
menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmetika siswa kelas XI dengan self￾efficacy rendah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Nuris Jember pada Kelas XI MIPA
3 dengan jumlah responden sebanyak 22 siswa. Penentuan subyek penelitian
dilakukan dengan pemberian angket self-efficacy, sehingga terpilih subyek
penelitian sebanyak 3 siswa yang terdiri dari 1 siswa self-efficacy tinggi, 1 siswa
self-efficacy sedang dan 1 siswa self-efficacy rendah. Pengumpulan data dilakukan
dengan pemberian angket, tes dan dilakukan wawancara. Sedangkan untuk
analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Untuk uji
keabsahan data dilakukan triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan self-efficacy tinggi dalam
menyelesaikan masalah melakukan setiap aspek berpikir fungsional dengan penuh
percaya diri. Siswa dengan self-efficacy sedang dalam menyelesaikan masalah
melakukan setiap aspek berpikir fungsional dengan rasa sedikit keraguan terhadap
jawaban. Siswa dengan self-efficacy rendah dalam menyelesaikan masalah
melakukan dua aspek berpikir fungsional, satu aspek belum terpenuhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ucik Soraya
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:14
Last Modified: 22 Jun 2023 06:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24439

Actions (login required)

View Item View Item