Akuntansi Keperilakuan Sumber Daya Manusia Pada UMKM Jember

Istiqomah, Nurul (2023) Akuntansi Keperilakuan Sumber Daya Manusia Pada UMKM Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurul Istiqomah - watermak.pdf

Download (3MB)

Abstract

UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) merupakan salah satu jenis usaha penyedia lapangan pekerjaan dengan cepat dan mampu beradaptasi dalam situasi dan kondisi apapun, hal ini disebabkan karena UMKM bisa bergerak dalam bidang apa saja. Akuntansi Keperilakuan adalah salah satu bidang ilmu akuntansi yang melihat respon atau reaksi seorang akuntan maupun non akuntan pada UMKM terhadap keberadaan ilmu akuntansi dalam pembuatan laporan keuangan pada bisnis atau usaha yang sedang dijalani.
Fokus masalah yang akan diteliti oleh peneliti kali ini terdapat 2 fokus masalah yakni, 1) mengenai perilaku yang diberikan oleh pelaku UMKM Jember dalam merespon adanya ilmu akuntansi dan seperti apa penerapan ilmu akuntansi dalam kegiatan pengelolaan keuangan terhadap bisnis yang sedang dijalani, serta 2) kendala apa saja yang dihadapi oleh pelaku UMKM Jember dalam menerapkan ilmu akuntansi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku yang timbul dari para pelaku UMKM terhadap keberadaan ilmu akuntansi dan penerapannya, hal ini disebabkan karena masih banyak UMKM yang belum paham terhadap apa itu akuntansi dan bagaimana bentuk dari akuntansi sehingga masih banyak pula UMKM yang tidak melakukan pencatatan keuangan yang sesuai dalam ilmu akuntansi.
Penelitian ini dilakukan di komunitas JEKA (Jember Ekonomi Kreatif) dengan meneliti beberapa pelaku UMKM Jember yang tergabung didalamnya. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menghasilkan data tertulis atau lisan dari seseorang atau perilaku yang diamati, dan teknik untuk meengumpulkan datanya yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Perilaku yang diberikan oleh pelaku UMKM dalam merespon adanya ilmu akuntansi dan penerapannya dalam dunia usaha mendapatkan hasil pelaku UMKM telah mengetahui keberadaan ilmu akuntansi, namun UMKM masih ada yang belum memahami teknik penulisannya dalam ilmu akuntansi, sehingga mereka menggunakan model pencatatan laporan keuangan dengan versinya sendiri. Kendala yang dihadapi pelaku UMKM yakni anggapan bahwa ilmu akuntansi ini sangat ribet jika diterapkan oleh pelaku usaha kecil seperti UMKM karena penghasilan yang didapat juga tidak menentu, latar belakang pendidikan berpengaruh dalam proses pemahaman pelaku UMKM, dan pelaku UMKM membutuhkan manusia lain dalam memahami pencatatan laporan keuangan atau mengandalkan kemampuan cara mencatatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mrs Nurul Istiqomah
Date Deposited: 21 Jun 2023 08:36
Last Modified: 21 Jun 2023 08:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24441

Actions (login required)

View Item View Item