Strategi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal Di Pantai Pancer Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember

Hadi, Moch. Ali Hadi (2023) Strategi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal Di Pantai Pancer Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moch. Ali Hadi_E20192416_Skripsi.pdf

Download (13MB)

Abstract

Moch. Ali Hadi, Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I., M.E.I. 2023: Strategi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal di Pantai Pancer Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember

Kata Kunci: Strategi, Pemberdayaan Ekonomi, Kearifan Lokal

Pemberdayaan ekonomi masyarakat merupakan sebuah solusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Pemberdayaan masyarakat dapat membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memperoleh penghasilan. Kearifan lokal dapat dimanfaatkan dalam suatu pemberdayaan sehingga selain masyarakat dapat memperoleh penghasilan akan tetapi kelestarian kearifan lokal tersebut juga terjaga.
Fokus penelitian yang diteliti oleh peneliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kearifan lokal yang ada di Pantai Pancer Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember? 2) Bagaimana strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis kearifan lokal di Pantai Pancer Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kearifan lokal yang ada di Pantai Pancer Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis kearifan lokal di Pantai Pancer Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Lokasi penelitian berada di Pantai Pancer Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Adapun keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Kearifan lokal di Pantai Pancer Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember adalah berupa pagelaran budaya yang bernama Petik Laut dan wisata alam yaitu Pantai Pancer. 2) Strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan di Pantai Pancer memanfaatkan wisata alam Pantai Pancer dengan mengadakan pembangunan sumber daya manusia,pembangunan kelembagaan kelompok, pemupukan modal masyarakat, pembangunan usaha produktif, dan penyediaan informasi tepat guna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150603 Tourism Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Moch. Ali Hadi
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:43
Last Modified: 22 Jun 2023 03:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24442

Actions (login required)

View Item View Item