Manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di madrasah aliyah al amiriyyah blokagung banyuwangi tahun pembelajaran 2022/2023

Hidayah, Siti (2023) Manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di madrasah aliyah al amiriyyah blokagung banyuwangi tahun pembelajaran 2022/2023. Masters thesis, Pascasarjana UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI HIDAYAH _213206010008 WATERMAX.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Hidayah, Siti, 2023. Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023

Kata Kunci : Manajemen Sarana Dan Prasarana pendidikan, Motivasi Belajar

Manajemen sarana dan prasarana adalah semua benda bergerak dan tidak bergerak yang dibutuhkan untuk menunjang penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar baik secara langsung maupun tidak langsung agar tujuan pendidikan tersebut dapat tercapai. Dengan adanya manajemen sarana dan prasrana pendidikan yang baik, maka proses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif dan efisien. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1)Bagaimana perencanaan dan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi tahun pembelajaran 2022/2023? 2)Bagaimana inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan motivasi belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi tahun pembelajaran 2022/2023? 3)Bagaimana pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan motivasi belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi tahun pembelajaran 2022/2023?
Metode dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang sarana dan prasarana, staf tu, guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Perencanaan dengan mengadakan rapat untuk menganalisis kebutuhan apa saja yang akan di adakan . pengadaan sarpras dilakukan dengan cara pembelian, peminjaman dan juga menyewa. 2 pencatatan barang inventarisasi kedalam buku induk serta dengan memberi nomor atau pengkodean pada barang inventarisasi kemudian laporan evaluasi pada tiap semester untuk mempermudah pengambilan keputusan.3 pemeliharaan sarpras dilakukan setiap hari dan secara berkala, dan apabila sarpras mengalami kerusakan ringan dilakukan dengan perbaikan dan bagi kerusakan berat maka dilakukan dengan pembelian. Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dilakukan dengan melibatkan seluruh komponen sekolah seperti kepala sekolah, wakil kepala sarana dan prasarana, guru dan peserta didik serta penunjukan petugas yang sesuai dengan keahlian pada bidangnya untuk bertanggung jawab terhadap sarpras. Usaha yang dilakukan Oleh Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi dalam peningkatan motivasi belajar peserta didik ialah dengan melengkapi sarana prasarana pendidikan sehingga peserta didik lebih semangat untuk belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Mahasiswi Siti Hidayah
Date Deposited: 21 Jun 2023 09:06
Last Modified: 21 Jun 2023 09:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24447

Actions (login required)

View Item View Item