Analisis Pengetahuan Dan Religiusitas Tentang Riba Pada Mahasiswa Akuntansi Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Riandini, Baiqul (2023) Analisis Pengetahuan Dan Religiusitas Tentang Riba Pada Mahasiswa Akuntansi Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FILE SKRIPSI ANDIN WM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember merupakan salah satu lembaga di Jember yang berada dibawah naungan Kementrian Agama. Di universitas ini ada beberapa fakultas salah satunya yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam mempunyai empat Program Studi diantaranya Program Studi Akuntansi Syariah. Program Studi Akuntansi Syariah merupakan program studi akuntansi yang mengacu kepada syariat Islam. Yang mana didalamnya Mahasiswa Akuntansi Syariah telah mempelajari transaksi-transaksi yang diterapkan pada syariah islam yaitu pembelajaran tentang riba beserta hukumnya.
Sesuai dengan latar belakang diatas, maka peneliti memfokuskan dengan lingkup yaitu sebagai berikut: 1. Bagaimana Pengetahuan Akuntansi Tentang Riba pada mahasiswa akuntansi syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? 2. Bagaimana Religiusitas Tentang Riba Pada Mahasiswa Akuntansi Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember?.
Sehingga penelitian ini memiliki tujuan berupa: 1. Untuk mengetahui pengetahuan akuntansi tentang riba pada mahasiswa akuntansi syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. 2. Untuk mengetahui religiusitas tentang riba pada mahasiswa akuntansi syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Untuk menentukan informan peneliti memakai teknik purposive. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1. Dalam pengetahuan akuntansi tentang riba pada mahasiswa akuntansi syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember yaitu masih minim. Minimnya pengetahuan akuntansi tetntang riba dikarenakan kurangnya pengimplementasian oleh mahasiswa akuntansi syariah mengenai materi tentang riba sehingga meskipun ada yang sudah mengetahui riba, hukum serta dampaknya, masih saja melakukan transkasi riba. 2. Religiusitas tentang riba pada mahasiswa akuntansi syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember yaitu masih kurang baik dari dimensi keyakinan, dimensi pengalaman, dimensi pengetahuan agama, dimensi konsekuensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140203 Economic History
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Baiqul Riandini
Date Deposited: 21 Jun 2023 09:01
Last Modified: 21 Jun 2023 09:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24450

Actions (login required)

View Item View Item