PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS CANVA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 JEMBER

Mylah Ula Syafirah, Azza (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS CANVA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH. ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
AZZA MYLAH ULA SYAFIRAH_T201810067.pdf

Download (12MB)

Abstract

Azza Mylah Ula Syafirah, 2023: Pengembangan Media Pembelajaran Audio
Visual Berbasis Canva pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif untuk Siswa Kelas
VIII di SMP Negeri 9 Jember
Kata kunci: Audio Visual, Aplikasi Canva

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media pembelajaran yang lebih
banyak melibatkan aktivitas peserta didik. Peserta didik mampu memperoleh
pengalaman belajar dengan mengembangkan kemampuan berpikir, menganalisis,
menilai dan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini,
media pembelajaran yang dirancang yaitu audio visual yang di desain
menggunakan aplikasi canva. Seiring dengan perkembangan teknologi peserta
didik dapat meningkatkan penggunaan perangkat teknologi, seperti android,
laptop maupun computer dengan baik dan benar. Peneliti mengamati beberapa
permasalahan terkait dengan media pembelajaran yang masih menggunakan
media buku / LKS, media gambar dan media papan tulis. Peneliti juga mengamati
kasus yang terjadi pada SMPN 9 Jember ini yang kurangnya kesadaran akan
pemahaman efek zat adiktif terhadap kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research
and Development (R&D). Metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan
produk tertentu, dan menguji kevalidasian produk tersebut. Peneliti berharap dapat
digunakan sebagai alat mengajar yang menarik dan pemahaman peserta didik
tentang bahaya dan manfaatnya zat aditif dan zat adiktif. Peneliti menggunakan
model 4D karena uraiannya lebih lengkap dan sistematis. Selain itu, model ini
disesuaikan dengan karakteristik kebutuhan peneliti. Peserta didik kelas VIII
dijadikan subjek penelitian selain itu peneliti meminta peserta didik untuk mengisi
angket yang sudah disediakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis
canva sangat valid dan dapat diuji validitasannya menggunaan hasil angket yang
sudah diterisi oleh validator dan peserta didik kelas VIII. Hasil angket dari
validator ahli materi sebesar 88%, hasil validasi dari ahli media sebesar 94% dan
hasil validasi oleh pendidik sebesar 86% dengan kategori sangat valid pada setiap
presentase oleh validator. Hasil angket dari peserta didik kelompok kecil
menghasilkan presentase 91,6% dan uji coba terhadap peserta didik kelompok
besar menghasilkan presentase 91,1%. Berdasarkan hal tersebut dapat
disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis canva
dikategorikan sebagai media pembelajaran yang sangat menarik untuk digunakan
dalam proses pembelajaran IPA khususnya pada materi zat aditif dan zat adiktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0302 Inorganic Chemistry > 030299 Inorganic Chemistry not elsewhere classified
10 TECHNOLOGY > 1002 Environmental Biotechnology > 100204 Environmental Biotechnology Diagnostics (incl. Biosensors)
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mrs. Azza Mylah Ula Syafirah
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:49
Last Modified: 22 Jun 2023 04:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24451

Actions (login required)

View Item View Item