Penerapan metode outdoor learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022/2023

Lestari, Ika Nuryasinta (2023) Penerapan metode outdoor learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ika Nuryasinta Lestari_T20191011.pdf

Download (4MB)

Abstract

Metode pembelajaran Outdoor Learning masih jarang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam khususnya materi khutbah pada kelas XI, kurangnya interaksi menyebabkan peserta didik jenuh saat melakukan pembelajaran. Materi khutbah yang dipelajari pada kelas XI sangat penting untuk dipraktekkan secara langsung, agar peserta didik bisa lebih memahami tata caranya.

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode Outdoor Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Outdoor Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 3) Apa saja dampak positif dan negatif dalam penerapan metode Outdoor Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan metode Outdoor Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Outdoor Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) Mendeskripsikan dampak positif dan negatif dalam penerapan metode Outdoor Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.

Metode penelitian ini adalah: metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data pada tahap pengumpulan data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangukasi teknik.

Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Penerapan metode Outdoor Learning ini memiliki beberapa tahapan yaitu guru memberikan penjelasan, melakukan praktek sesuai ketentuan, dan evaluasi. 2) Faktor pendukung yaitu adanya mimbar di musholla sekolah. Faktor penghambat yaitu waktu, suasana tidak tenang, dan gugup. 3) dampak positif metode Outdoor Learning yaitu lebih merasakan secara langsung, tidak bosan dan jenuh. Dampak negatif yaitu mengambil jam pelajaran guru lain, tidak fokus dan penyampaian materi kurang jelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ika Nuryasinta Lestari
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:42
Last Modified: 22 Jun 2023 04:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24458

Actions (login required)

View Item View Item