Pemberdayaan Masyarakat oleh Komunitas EcoRanger dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah di Dusun Pancer Kabupaten Banyuwangi

Wahyuningtyas, Esti Yulia (2023) Pemberdayaan Masyarakat oleh Komunitas EcoRanger dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah di Dusun Pancer Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH. ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ESTI YULIA WAHYUNINGTYAS_D20192005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Esti Yulia Wahyuningtyas, 2023: Pemberdayaan Masyarakat oleh Komunitas EcoRanger dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah di Dusun Pancer Kabupaten Banyuwangi.

Kata kunci: Pemberdayaan, Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Pengelolaan Sampah, Dusun Pancer Kabupaten Banyuwangi

Sampah merupakan salah satu masalah sosial yang memerlukan partisipasi masyarakat dalam mengatasinya. Pemberdayaan masyarakat berbasis pengelolaan sampah merupakan langkah alternatif dalam menangani problem sosial tersebut. Kegiatan manusia dalam mengelola sumber daya guna memenuhi kebutuhan sehari-hari menjadi lebih beragam dengan diikuti pertumbuhan populasi dan perkembangan teknologi. Setiap aktifitas manusia di setiap tempat pasti menghasilkan sampah. Akibat kegiatan tersebut, jumlah dan jenis sampah meningkat sehingga menimbulkan masalah.
Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana tahapan pemberdayaan yang dilakukan komunitas EcoRanger dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Dusun Pancer melalui pengelolaan sampah? 2) Apa saja program pemberdayaan komunitas EcoRanger dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Dusun Pancer? 3) Bagaimana dampak program pengelolaan sampah oleh komunitas EcoRanger bagi kesejahteraan masyarakat di Dusun Pancer?
Tujuan penelitian pada skripsi ini yaitu: 1) Untuk mengetahui tahapan pemberdayaan yang dilakukan komunitas EcoRanger dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Dusun Pancer melalui Pengelolaan Sampah 2) Untuk mengetahui apa saja program pemberdayaan komunitas EcoRanger dalam meningkatkan kesejahteraan di Dusun Pancer 3) Untuk mengetahui dampak program pengelolaan sampah oleh komunitas EcoRanger bagi kesejahteraan masyarakat di Dusun Pancer.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif. Sedangkan, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Selain iti, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan, analisis data yang digunakan meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Adapun pada teknik keabsahan data yaitu menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Kesimpulan pada skripsi ini adalah program pemberdayaan masyarakat berbasis pengelolaan sampah yang dilakukan oleh komunitas EcoRanger Banyuwangi dilakukan secara bertahap sesuai dengan tahapan pemberdayaan masyarakat. Tahapan tersebut terbagi tujuh tahap di antaranya: tahap persiapan, hingga tahap terminasi. Adapun program-program pemberdayaan masyarakat oleh komunitas EcoRanger diantaranya: Fishing for Litter (FLL), Waste to Energy, Weekly Beach Clean Up, EduCamp, EcoRanger Academy. Dampak dari program pemberdayaan tersebut dapat diukur dengan sejumlah indikator kesejahteraan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Esti Yulia Wahyuningtyas
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:58
Last Modified: 22 Jun 2023 04:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24465

Actions (login required)

View Item View Item