ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS STEM BERDASARKAN GENDER SISWA KELAS VII SMPN 2 AMBULU KABUPATEN JEMBER

Faizah, Dwi nisafatul (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS STEM BERDASARKAN GENDER SISWA KELAS VII SMPN 2 AMBULU KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DWI NISAFATUL FAIZAH_T20197146.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, STEM, Gender
Komunikasi matematis merupakan kemampuan untuk mengekspresikan ide – ide matematis untuk mengomunikasikan baik secara lisan maupun tulis yang harus dimiliki oleh siswa baik laki - laki maupun perempuan agar siswa dapat mengomunikasikan pikiran, gagasan dan ide – ide matematika secara jelas dan tepat kepada orang lain. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis STEM pada siswa laki – laki 2) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis STEM pada siswa perempuan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data: 1) Observasi; 2) Tes; 3) Wawancara; 4) Dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini merujuk Miles dan Huberman, yaitu: 1) Kondensasi Data; 2) Penyajian data; dan 3) Penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Subjek penelitian yang dipilih adalah 6 siswa yang terdiri dari siswa laki – laki dan perempuan berkemampuan komunikasi matematis tinggi, sedang, dan rendah pada salah satu kelas VII di SMPN 02 Ambulu Kabupaten Jember.
Hasil analisis data pada siswa laki – laki dan perempuan yang berkemampuan komunikasi matematis tinggi, yaitu siswa LT dan siswa PT mampu memenuhi 4 indikator kemampuan komunikasi matematis baik tulis maupun lisan dengan lengkap dan benar. Pada siswa laki – laki berkemampuan komunikasi matematis sedang, siswa LS pada indicator 1 komunikasi matematis baik tulis maupun lisan dengan baik dan benar, namun pada indicator 2, 3 dan 4 kemampuan komunikasi matematis baik tulis maupun lisan hanya mampu menjawab dengan benar namun tidak lengkap. Pada siswa PS berkemampuan komunikasi matematis pada indicator 1 dan 3 dapat memenuhi indicator kemampuan komunikasi matematis dengan benar namun tidak lengkap sedangkan pada indicator 2 dan 4 mampu memenuhi pada indicator kemampuan komunikasi matematis namun ada yang salah. Sedangkan pada siswa laki – laki dan perempuan berkemampuan komunikasi matematis rendah, siswa LR dan PS pada indicator 1 dan 3 tidak mampu menuliskan maupun menjawab secara tulis maupun lisan, pada indicator 2 kemampuan komunikasi matematis mampu menjawab namun salah dan pada indicator 3 mampu menjawab dengan benar namun tidak lengkap secara tulis maupun lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010207 Theoretical and Applied Mechanics
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: dwi nisafatul faizah
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:50
Last Modified: 22 Jun 2023 03:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24486

Actions (login required)

View Item View Item